Skuad Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 Dirilis, 10 Pemain Lawan Turkmenistan Tak Dipanggil – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Untuk babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam dalam dua laga pada 12 dan 17 Oktober 2023.

Sebelumnya, ada 10 pemain yang masuk dalam skuad Timnas Indonesia untuk laga FIFA Matchday September lalu melawan Turkmenistan, namun mereka tidak dipanggil untuk laga melawan Brunei nanti.

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, total memanggil 25 pemain untuk menghadapi laga ini.

Para pemain akan berkumpul pada 9 Oktober 2023. Sayangnya, Ivar Jenner tidak bisa berpartisipasi karena cedera yang dialaminya saat bermain untuk Jong Utrecht.

Namun Shin Tae-yong memutuskan untuk memanggil beberapa pemain yang merumput di luar negeri untuk mengisi skuad Timnas Indonesia.

Yang dipanggil adalah Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim FC), Shayne Pattynama (Viking FK), Saddil Ramdani (Sabah FC), Rafael Struick (ADO Den Haag), Marselino Ferdinand (KMSK Deinze), dan Elkan Baggott (Kota Ipswich).

Selama dipanggil timnas Indonesia, 10 pemain yang bermain melawan Turkmenistan tidak dipanggil melawan Brunei Darussalam. Beberapa di antaranya seperti Alfeandra Dewangga, Doni Tri Pamungkas, dan Dzaky Asraf awalnya bergabung di timnas U-23 Indonesia.

Namun mereka dipanggil ke timnas senior karena cedera di timnas Garuda. Usai laga melawan Turkmenistan, mereka kembali masuk ke timnas U-23 Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Hal ini terjadi karena matchday FIFA dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 berdekatan, sehingga pemain U-23 yang biasa bermain di timnas senior pun ikut bergabung ke timnas U-23 Indonesia.

Fachruddin Aryanto yang sudah 50 caps bersama timnas Indonesia tidak dipanggil masuk skuad Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada laga melawan Turkmenistan, pemain asal Madura United ini tak mendapat kesempatan bermain.

Selain Fachruddin Aryanto, beberapa pemain lain seperti Reza Pratama, Dzaky Asraf, Doni Tri, Ryan Kurnia, dan Aji Kusuma juga tak mendapat kesempatan bermain pada laga melawan Turkmenistan.

Pada laga tersebut, Stefano Lilipaly masuk menggantikan Saddil Ramdani di babak kedua. Sedangkan Andy Setyo masuk pada menit ke-85 menggantikan Adam Alis yang bermain sebagai pemain utama.

Kontributor: Imadudin Robani Adam