Siapa wasit untuk pertandingan Spanyol vs Inggris?

by

Final Euro 2024 menjanjikan akan menjadi pertandingan internasional terpenting yang pernah dijalani pemain Inggris dan Spanyol.

Kupu-kupu sudah berkibar di perut bahkan bintang-bintang terbesar, dengan kedua negara bersiap untuk bertarung memperebutkan Piala Henri Delaunay pada Minggu malam di Olympiastadion. Ini adalah pertandingan yang sangat seru.

Namun, seorang wasit yang beruntung juga telah diberi kehormatan untuk mengawasi final yang akan datang. Sebuah prestasi sepanjang karier, hanya yang terbaik dari yang terbaik yang dipercaya untuk memimpin acara yang sangat penting dengan begitu banyak juri di antara penonton.

Berikut adalah semua yang perlu Anda ketahui tentang wasit untuk pertandingan Spanyol vs Inggris di Piala Eropa 2024 terakhir.

François Letexier

Francois Letexier akan mengawasi final / Clive Mason/GettyImages

Francois Letexier menjadi wasit yang meniup peluit untuk final Euro 2024 di Berlin pada hari Minggu. Pria Prancis itu akan didampingi oleh asisten dan rekan senegaranya Cyril Mugnier dan Mehdi Rahmouni, sementara wasit asal Polandia Szymon Marciniak, yang memimpin final Liga Champions 2022/23, menjadi wasit keempat. Jerome Brisard dari Prancis menjadi VAR.

Letexier telah memimpin tiga pertandingan di Euro 2024, termasuk hasil imbang antara Denmark dan Serbia di Grup C Inggris. Wasit berusia 35 tahun itu telah memimpin salah satu pertandingan Spanyol di turnamen tersebut – kemenangan 4-1 atas Georgia di babak 16 besar – dan telah mengeluarkan sepuluh kartu kuning dalam tiga pertandingannya.

FBL-PIALA-PRANCIS-LYON-PSG

Letexier telah mengawasi dua final Piala Prancis / FRANCK FIFE/GettyImages

Di usianya yang baru 35 tahun, Letexier bukanlah wasit paling berpengalaman di dunia sepak bola. Dalam hal pertandingan besar, ia telah memimpin dua final Piala Prancis, termasuk pertandingan puncak tahun ini antara Paris Saint-Germain dan Lyon, dan Piala Super UEFA 2023.

Ini adalah penampilan pertamanya di turnamen internasional besar, tetapi ia telah bermain dalam 13 pertandingan Liga Champions. Yang paling menonjol dari pertandingan Eropa tersebut adalah pertandingan perempat final pada 2022/23 dan 2023/24.

Dalam lebih dari 300 pertandingan selama kariernya, termasuk pertandingan resmi tingkat pemuda, Letexier rata-rata menerima 3,7 kartu kuning per pertandingan. Ia mengeluarkan satu kartu merah langsung setiap sepuluh pertandingan dan satu penalti setiap tiga pertandingan.

Meskipun Letexier tidak pernah memimpin pertandingan senior Inggris, ia telah menjadi wasit beberapa pertandingan muda Three Lions. Ia mengawasi kekalahan Inggris U-21 2-0 di Euro 2021 dari Portugal, sementara ia juga terlibat dalam kekalahan Inggris U-20 4-3 di tangan Prancis dalam pertandingan persahabatan internasional pada tahun 2015.

Ia telah memimpin pertandingan klub-klub Inggris dalam banyak kesempatan. Chelsea pernah menunjuknya sebagai wasit sebanyak tiga kali, sementara Manchester United, Manchester City, dan Liverpool masing-masing pernah menunjuknya sebanyak dua kali. Letexier juga memimpin pertandingan saat Brighton kalah 4-0 dari Roma di Liga Europa musim lalu.

FBL-LIGA-PERANCIS-NICE-NANTES

Letexier terlibat dalam pertandingan kontroversial Ligue 1 pada tahun 2022 / VALERY HACHE/GettyImages

Seperti semua wasit, Letexier telah terlibat dalam beberapa kontroversi – meskipun tidak selevel dengan wasit semifinal Inggris Felix Zwayer.

Pertandingannya yang paling menonjol melibatkan Nice dan Nantes di Ligue 1 pada Oktober 2022. Nantes sangat marah setelah tidak diberi penalti karena handball yang jelas, tetapi Letexier justru menghukum Nantes karena handball yang lebih meragukan pada menit ke-97.

Nicolas Pepe mencetak gol dari titik penalti dan Nantes kemudian dihukum dengan dua kartu merah setelah Nice menyamakan kedudukan di akhir masa tambahan waktu. Letexier menjadi sasaran ancaman pembunuhan pada hari-hari berikutnya, tetapi menegaskan kembali keputusannya dalam wawancara berikutnya dengan Tim.

BACA BERITA, PRATINJAU & RATING PEMAIN EURO 2024 TERBARU