Siapa wasit untuk pertandingan Inggris vs Swiss?

by

Banyak yang membicarakan tentang kepemimpinan wasit saat terakhir kali Inggris bermain di perempat final turnamen besar.

Kesempatan itu datang hanya 18 bulan lalu di Qatar, dengan kekalahan memalukan 2-1 dari Prancis setelah Harry Kane gagal mengeksekusi penalti di akhir pertandingan. Meskipun memberikan dua penalti kepada tim asuhan Gareth Southgate di babak kedua, kinerja wasit asal Brasil Wilton Sampaio banyak dicemooh – terutama karena pelanggaran terhadap Bukayo Saka yang gagal ia lihat dalam proses terjadinya gol pembuka Aurelien Tchouameni.

Penampilan yang cukup mengesankan melawan Prancis setelah penampilan gemilang di Piala Dunia membuat Sampaio menjadi kambing hitam meskipun Kane melakukan blunder di akhir pertandingan dari jarak 12 yard. Para pendukung bersimpati terhadap tim Southgate, tetapi tidak akan ada kelonggaran serupa jika Swiss mengalahkan Inggris di Dusseldorf pada Sabtu malam.

Ini adalah momen besar bagi para pendukung Inggris yang berharap penampilan mereka di menit-menit terakhir melawan Slovakia akan membangkitkan semangat tim Southgate yang tengah berjuang.

Berikut semua yang perlu Anda ketahui tentang orang yang bertanggung jawab atas Inggris Piala Eropa 2024 perempat final melawan Swiss.

Daniele Orsato, Cristiano Ronaldo

Orsato telah menjadi wasit dalam tiga pertandingan di Euro 2024 / Marvin Ibo Guengoer – GES Sportfoto/GettyImages

Wasit Italia berusia 48 tahun Daniele Orsato akan menjadi orang yang memimpin jalannya pertandingan perempat final hari Sabtu di Dusseldorf.

Orsato akan didampingi oleh asisten pelatih asal Italia Ciro Carbone dan Alessandro Giallatini, sementara Massimiliano Irrati akan menjadi VAR. Daniel Siebert dari Jerman akan mengemban tugas ofisial keempat.

Ini akan menjadi pertandingan keempat Euro 2024 yang dipimpin oleh Orsato, dengan wasit Serie A tersebut memimpin adu penalti kemenangan Portugal atas Slovenia di babak 16 besar. Wasit asal Italia itu menghadiahkan penalti kepada Portugal di perpanjangan waktu karena pelanggaran terhadap Diogo Jota, tetapi tendangan penalti berikutnya gagal dieksekusi oleh Cristiano Ronaldo.

Daniele Orsato

Orsato berencana pensiun setelah turnamen / Stu Forster/GettyImages

Orsato tentu saja merupakan wajah yang tidak asing lagi karena telah menjadi wasit FIFA sejak 2010. Meskipun reputasinya mungkin tidak setinggi beberapa rekannya, wasit asal Italia ini tetap sangat berpengalaman karena telah memimpin beberapa pertandingan besar.

Wasit berusia 48 tahun ini dianggap sebagai salah satu wasit terbaik Italia selama satu dekade terakhir dan telah memimpin beberapa final Coppa Italia. Namun, kehormatan terbesarnya diraih pada musim 2019/20 yang dilanda Covid saat ia memimpin final Liga Champions antara Bayern Munich dan Paris Saint-Germain.

Orstato telah menjadi wasit di Serie A sejak 2006 dan saat ini tengah bertugas di turnamen besar ketiganya setelah sebelumnya menjadi wasit pertandingan di Euro 2020 dan Piala Dunia 2022. Ia juga telah mengonfirmasi bahwa ia akan menggantung peluitnya setelah turnamen ini berakhir, jadi ada kemungkinan besar bahwa pertandingan hari Sabtu nanti akan menjadi pertandingan terakhirnya dalam kariernya.

Daniele Orsato, Harry Kane

Orsato bertanggung jawab atas kemenangan Inggris 1-0 atas Serbia di Euro 2024 / Lars Baron/GettyImages

Inggris Akan lebih baik jika Orsato dihindari mengingat ia telah berkecimpung di dunia internasional selama 14 tahun. Faktanya, pelatih asal Italia itu telah mengawasi pertandingan Three Lions di Euro 2024. Orsato bertanggung jawab atas kemenangan mereka di pertandingan pembuka atas Serbia.

Ia juga memimpin kemenangan Inggris 1-0 melawan Kroasia yang memulai perjalanan mereka ke final Euro 2020.

BACA LEBIH LANJUT BERITA INGGRIS TERBARU, KUTIPAN, DAN PRATINJAU PERTANDINGAN