Shin Tae-yong Sebut Rekor Buruk Timnas Indonesia Lawan Vietnam Tak Penting, Janjikan Balas Dendam – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak ambil pusing dengan catatan buruk timnya saat melawan Vietnam jelang bentrok kedua tim di Piala Asia 2023.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, hasil pertemuan sebelumnya tidak berpengaruh terhadap jalannya pertandingan.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023. Laga rencananya akan dimulai di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha pada Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Baca juga: Media Vietnam Lempar Psywar: Timnas Indonesia Tak Setingkat Piala Asia, Besok Ambil Koper dari Qatar!

Laga derby Asia Tenggara ini sangat penting bagi Vietnam dan Timnas Indonesia untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Namun Timnas Indonesia dinilai diunggulkan pada laga-laga mendatang, merujuk pada rekor Vietnam yang lebih banyak memenangkan pertandingan dalam beberapa tahun terakhir.

Terakhir kali Tim Merah Putih mengalahkan Vietnam adalah pada tahun 2016. Setelah itu, Garuda selalu kurang dominan bahkan gagal mencetak gol dalam empat pertemuan terakhir.

Striker Timnas Indonesia Rafael Struick (kiri) tampil di Piala Asia 2023 di Qatar. [KARIM JAAFAR / AFP]

Dalam empat laga terakhir, Timnas Indonesia dipimpin oleh Shin Tae-yong. Hasilnya adalah dua kali seri dan dua kali kalah.

Meski mencatatkan rekor buruk saat melawan Vietnam, Shin Tae-yong tak mau pesimis. Padahal, kata dia, catatan pertemuan sebelumnya tidak penting karena tidak mempengaruhi jalannya pertandingan.

Mantan juru taktik timnas Korea Selatan ini yakin Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan mampu memberikan hasil lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga: Biodata dan Kekayaan Kiesha Alvaro, Anak Tiri Gunawan Dwi Cahyo yang Kini Jadi Tulang Punggung Keluarga

“Hasil terakhir tidak masalah, biarkan saja, tidak masalah. Kami punya banyak pemain bagus dan saya yakin kami bisa lebih baik dari pertandingan sebelumnya,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers. konferensi sehari sebelum pertandingan.

Shin Tae-yong sudah menyiapkan formula untuk memblokir Vietnam. Pelatih berusia 53 tahun itu telah mempelajari dengan baik kelebihan dan kekurangan tim berjuluk The Golden Stars Warriors itu.

“Kita sering bertemu dengan Vietnam. Tak hanya di Piala Asia, mereka juga bertemu di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia dan Vietnam sama-sama kalah di laga pertama. Oleh karena itu, besok tidak ada pilihan lain selain menang,” tutupnya.

Baca juga: Mantan Gelandang MU Justin Hubner Dikantongi Saat Timnas Indonesia Kalah dari Irak

Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama menderita kekalahan pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda dikalahkan Irak 1-3, sedangkan Vietnam dikalahkan Jepang 2-4.

Saat ini Timnas Indonesia berada di peringkat empat klasemen Grup D dengan poin nihil, sama dengan Vietnam namun kalah jumlah gol yang dicetak.