Shin Tae-yong Patahkan Kritik Jose Mourinho yang Sebut Timnas Indonesia Tak Punya Potensi – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Shin Tae-yong menampik kritik ahli taktik veteran Portugal Jose Mourinho terhadap timnas Indonesia.

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, skuad Garuda yang dinilai Mourinho tak punya potensi istimewa kini perlahan menunjukkan peningkatan pesat.

Jose Mourinho yang saat ini melatih AS Roma pernah mengkritik timnas Indonesia saat masih menangani Chelsea pada 2013.

Mourinho membawa Chelsea menghadapi Indonesia All Stars yang saat itu mayoritas tergabung dalam timnas seperti Ahmad Bustomi hingga Andik Vermansyah.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, The SPecial One membawa Chelsea menang besar 8-1. Usai pertandingan, ia mengkritik keras permainan Garuda.

Jose Mourinho saat masih memimpin Chelsea. [AFP]

“Jika Indonesia tidak punya potensi istimewa, maka bermainlah dengan penuh semangat dan kebanggaan,” kata Jose Mourinho di SUGBK, 25 Juli 2013.

Kini, 10 tahun kemudian, Timnas Indonesia yang dipimpin Shin Tae-yong telah membuktikan diri dan setidaknya mematahkan kritik keras Jose Mourinho.

Meski tak membuahkan prestasi nyata, namun grafik permainan Timnas Indonesia dibawah asuhan Shin Tae-yong meningkat pesat terbukti mampu bersaing dengan negara-negara yang berada di atasnya.

Shin Tae-yong melonjakkan peringkat FIFA Indonesia dari peringkat 170 menjadi peringkat 147 dunia. Ia juga memimpin tiga grup timnas lolos ke Piala Asia, yakni U-20, U-23, dan senior.

Selain itu, Timnas Indonesia era Shin Tae-yong mampu mendatangkan ujian berat lawan dari Curacao, Palestina, Turkmenistan hingga juara dunia Argentina.