Shin Tae-yong Istirahatkan Pemain Timnas Indonesia Usai Dibantai Jepang: Biar Nggak Stres – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memutuskan untuk mengistirahatkan pemain skuad Garuda usai kekalahan dari Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023. Pada laga yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha , Qatar, Rabu (24/1/2024), Indonesia dikalahkan dengan skor 1-3.

“Besok kami akan istirahat dan melihat hasil pertandingan di grup lain,” kata Shin dalam jumpa pers usai pertandingan.

Bek Indonesia Jordi Amat menghadapi gelandang Jepang Takefusa Kubo pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang dan Indonesia di Stadion al-Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24 Januari 2024). [HECTOR RETAMAL / AFP]

Dengan satu kemenangan dan dua kekalahan di Grup D, Indonesia tinggal menunggu hasil tiga matchday lagi untuk melihat posisi mereka di klasemen akhir.

Sebanyak empat tim yang finis di peringkat ketiga terbaik berhak lolos ke babak 16 besar fase gugur. Sebelumnya Indonesia berada di peringkat 2 peringkat tiga besar, namun kini posisinya berpindah ke peringkat 4 setelah dinamika yang terjadi pada pertandingan di grup lain.

“Lolos atau tidak, biasanya itu pemulihan jadi besok kita istirahat. Tentu saja apa pun bisa terjadi, saya tidak bisa berkata apa-apa tentang apa yang akan terjadi besok. Saya enggan berkomentar,” kata Shin seperti dimuat ANTARA.

Pemain akan diperbolehkan istirahat atau bisa menonton pertandingan tim lain jika diinginkan. Namun, Shin tidak memberikan instruksi khusus untuk menonton pertandingan bersama lagi.

Ia khawatir hal tersebut justru dapat menurunkan kondisi mental pemain dan menimbulkan stres. Jika Indonesia sudah pasti lolos ke grup 16 besar, Shin akan mengatur strategi dan mempersiapkan fisik pemain untuk penampilan selanjutnya.

“Saya ingin membiarkan mereka bersantai tanpa tekanan, dan saya akan membiarkan mereka mengurus diri mereka sendiri,” pungkas Shin.