Setiap stadion WSL untuk musim 2024/25

by

Musim 2024/25 tinggal sebulan lagi, dengan musim akan dimulai pada hari Jumat, 20 September saat Chelsea menjamu Aston Villa.

Seiring dengan terus berkembangnya permainan wanita, semakin banyak tim di Bahasa Inggris mulai memainkan beberapa permainan mereka di Liga Primer stadion. Beberapa stadion telah pindah secara permanen, sementara yang lain memilih untuk menggelar pertandingan tertentu di stadion berkapasitas lebih besar.

Liverpool dan Aston Villa telah menyelesaikan perpindahan stadion musim panas ini, sementara Gudang senjata telah berkomitmen untuk menyelenggarakan lebih banyak pertandingan di Emirates. Diharapkan lebih banyak tim di divisi utama akan mengikuti langkah ini, cepat atau lambat.

Berikut ini adalah stadion yang akan menjadi tuan rumah pertandingan WSL musim depan.

Arsenal FC v FC Porto: Babak 16 Besar Leg Kedua - Liga Champions UEFA 2023/24

Stadion Emirates akan menjadi tuan rumah delapan pertandingan WSL Arsenal musim depan / MB Media/GettyImages

Emirates tidak akan menjadi satu-satunya stadion Arsenal musim depan, tetapi klub tersebut telah mengumumkan pada awal musim panas bahwa stadion tersebut akan menjadi markas utama mereka mulai musim depan. Delapan pertandingan WSL The Gunners akan digelar di London utara, sementara tiga pertandingan Liga Champions mereka juga akan dimainkan di sana jika mereka lolos ke babak penyisihan grup.

Semua pertandingan WSL, Piala Liga Kontinental, dan Piala FA yang tersisa akan dimainkan di Meadow Park milik Boreham Wood, yang telah menjadi kandang mereka sejak lama. Stadion Emirates memiliki kapasitas 60.704 penonton, sedangkan Meadow Park hanya dapat menampung 4.500 penonton.

FBL-ENG-WSL-WANITA-ASTON VILLA-MAN CITY

Villa Park akan menjadi kandang Aston Villa Women musim depan / ADRIAN DENNIS/GettyImages

Aston Villa sebelumnya memainkan pertandingan kandang mereka di Stadion Poundland Bescot Walsall, sekitar 10 mil dari lapangan utama klub di B6. Musim panas ini, diumumkan bahwa Villa Park akan menjadi kandang utama bagi tim wanita untuk musim 2024/25, dengan Bescot sekarang berfungsi sebagai kandang kedua untuk pertandingan non-WSL.

Villa Park memiliki kapasitas 42.640 dan diharapkan kepindahan ini akan memberikan dampak positif terhadap jumlah penonton di musim mendatang saat tim berupaya untuk memulai dengan baik di bawah manajer baru Robert de Pauw.

Brighton & Hove Albion v Everton FC - Liga Super Wanita Barclays

Brighton memainkan pertandingan kandang mereka di Stadion Broadfield milik Crawley Town / Mike Hewitt/GettyImages

Brighton menggelar pertandingan kandang putri mereka di Stadion Broadfield, Crawley Town, yang berjarak sekitar 21 mil dari Stadion Amex. Stadion tersebut berkapasitas 6.135 penonton dan telah menjadi kandang tim tersebut sejak promosi ke WSL pada tahun 2019.

The Seagulls finis di peringkat kesembilan klasemen liga musim lalu, di atas Leicester City, West Ham, dan Bristol City. Musim depan, mereka akan bekerja di bawah manajer baru Dario Vidosic.

Chelsea FC v Aston Villa - Liga Super Wanita Barclays

Kingsmeadow adalah rumah jangka panjang bagi Chelsea Women / Harriet Lander – Chelsea FC/GettyImages

Markas utama Chelsea adalah Kingsmeadow, stadion berkapasitas 4.850 di Kingston upon Thames, dan markas klub League Two AFC Wimbledon. Chelsea akan memainkan beberapa pertandingan di Stamford Bridge, termasuk pertandingan WSL melawan Manchester City, Arsenal, dan Liverpool.

Kingsmeadow berjarak sekitar sembilan mil dari Stamford Bridge, dan telah menjadi kandang Chelsea sejak 2017. Mereka memiliki rata-rata jumlah penonton sebanyak 3.000 orang, sementara jumlah penonton terbanyak mereka pada musim WSL 2023/24 adalah 32.970 saat melawan Arsenal di Bridge.

Sutton United v Northampton Town - Sky Bet Liga Dua

Crystal Palace memainkan pertandingan kandang mereka di Stadion Komunitas VBS / Pete Norton/GettyImages

Antara tahun 2014 dan 2023, Crystal Palace memainkan pertandingan kandang mereka di Hayes Lane, Bromley. Namun, tahun lalu, mereka pindah ke Stadion Komunitas VBS milik Sutton United di London Selatan.

Stadion Komunitas VBS berkapasitas lebih dari 5.000 orang, dan berjarak sekitar 8 mil dari stadion Liga Primer klub, Selhurst Park. Tim tersebut memainkan sejumlah pertandingan tertentu di stadion utama, dan mereka mencatat kemenangan pertama mereka di sana pada bulan Maret tahun ini.

Everton FC v Tottenham Hotspur - Liga Super Wanita Barclays

Everton Women pindah ke Walton Hall Park pada tahun 2020 / Jess Hornby/GettyImages

Walton Hall Park telah menjadi kandang Everton sejak 2020. Mereka memainkan pertandingan kandang WSL pertama mereka di stadion tersebut pada bulan Februari tahun itu melawan Manchester United, yang berakhir dengan kekalahan 3-2 untuk The Toffees.

Stadion ini berkapasitas 2.200 orang dengan hanya 500 kursi untuk penonton. Jaraknya sekitar satu mil dari Goodison Park, dan tiga mil dari stadion baru klub di Bramley Moore Dock, yang saat ini sedang dibangun.

Leicester City vs Blackburn Rovers - Sky Bet Championship

Leicester City Women memainkan pertandingan kandang mereka di King Power / Catherine Ivill – AMA/GettyImages

Leicester City merupakan salah satu tim WSL pertama yang menjadikan stadion utama klub sebagai kandang permanen mereka. Mereka pindah ke Filbert Way pada tahun 2021, setelah sebelumnya bermain di Stadion Farley Way dan Riverside Pavilion di Leicester.

King Power memiliki kapasitas 32.261 penonton, tetapi mereka menarik rata-rata 2.656 penonton di WSL musim lalu. Stadion Pirelli milik Burton Albion hanya digunakan sebagai tempat alternatif ketika jadwal pertandingan tidak memungkinkan mereka bermain di King Power.

St Helens v Warrington Wolves - Play-Off Liga Super Betfred

Liverpool menyelesaikan kepindahan stadion musim panas ini / Jess Hornby/GettyImages

Liverpool menyelesaikan kepindahan stadion musim panas ini, setelah sebelumnya bermain di Prenton Park milik Tranmere Rovers di Birkenhead. Kurangnya tempat yang layak di pusat kota Liverpool membuat klub tersebut sering kali harus mencari stadion di tempat lain.

Pada bulan Juli lalu, diumumkan bahwa The Reds akan pindah ke Stadion St. Helens, kandang bagi St. Helens RFC. Stadion tersebut berkapasitas 18.000 penonton, tetapi jaraknya dua kali lipat dari Anfield dibandingkan dengan Prenton Park.

Musim lalu, tim asuhan Matt Beard hanya memainkan satu pertandingan di Anfield dalam derby Merseyside melawan Everton. Pada 2024/25, jumlah tersebut akan ditambah menjadi tiga pertandingan melawan kedua klub Manchester, serta rival sekota mereka.

Manchester City Wanita v West Ham United Wanita - Liga Super Wanita Barclays FA

Stadion Joie Manchester City berada di Kampus Etihad / Visionhaus/GettyImages

Manchester City memainkan pertandingan kandang mereka di Stadion Joie, yang sebelumnya dikenal sebagai Stadion Akademi, yang berbasis di Kampus Etihad. Stadion tersebut berganti nama menjadi Stadion Joie untuk tujuan sponsor pada musim lalu.

Stadion ini berkapasitas 7.000 orang, dengan total kurang dari 5.000 kursi. Stadion ini telah menjadi kandang bagi tim wanita City sejak dibuka pada tahun 2014, dan mereka juga memainkan beberapa pertandingan di Stadion Etihad.

Manchester United v Tottenham Hotspur - Liga Super Wanita Barclays

Manchester United memainkan pertandingan kandang mereka di Leigh Sports Village / Nigel Roddis/GettyImages

Leigh Sports Village telah menjadi markas Manchester United sejak mereka diterima di Women’s Championship pada tahun 2018. Stadion ini berkapasitas 12.000 orang, berlokasi di kompleks olahraga, ritel, dan perumahan multiguna di Greater Manchester.

Jaraknya sekitar 15 mil dari stadion utama klub, Old Trafford. Tim wanita pertama kali bermain di Theatre of Dreams pada Maret 2021, dan mereka terus memainkan beberapa pertandingan di sana setiap musim.

Tottenham Hotspur v Brighton & Hove Albion - Liga Super Wanita Barclays

Tottenham bermain di Stadion Gaughan Group / Richard Pelham/GettyImages

Stadion Gaughan Group, yang saat ini dikenal karena alasan sponsor, telah menjadi kandang Tottenham Hotspur sejak 2022. Stadion tersebut, yang lebih dikenal sebagai Brisbane Road, memiliki kapasitas 9.271 penonton.

Stadion ini merupakan markas Leyton Orient di London Timur, dan berjarak lebih dari 10 mil dari Stadion Tottenham Hotspur. Seperti kebanyakan klub WSL, Lilywhites memainkan beberapa pertandingan di stadion utama setiap musim, sering kali melawan rival London utara, Arsenal.

West Ham United Wanita v Brighton & Hove Albion Wanita - Liga Super Wanita Barclays FA

West Ham bermain di Stadion Konstruksi Chigwell / James Chance/GettyImages

Stadion Konstruksi Chigwell adalah kandang bagi klub Liga Nasional Dagenham & Redbridge, tetapi juga telah menjadi kandang bagi West Ham sejak 2020. Stadion ini memiliki kapasitas lebih dari 6.000 penonton.

Bermarkas di Dagenham, stadion ini hanya berjarak 11 mil dari Stadion London, tempat tim putra memainkan pertandingan kandang mereka. The Hammers belum pernah bermain di stadion putra klub tersebut sejak 2019, dan mereka adalah satu-satunya tim WSL yang tidak melakukannya musim lalu.

BACA BERITA SEPAKBOLA WANITA TERBARU, TRANSFER DAN OPINI