Serius Tatap Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Bisa Bawa 2 Tim saat TC di Turki – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia berpotensi memboyong 40 pemainnya untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki jelang Piala Asia 2023. Jumlah itu hampir sama dengan dua tim di turnamen resmi.

Menurut Ketua Badan Tim Nasional Sumardji, pihaknya sudah menerima 30 nama yang akan dipanggil untuk mengikuti TC. Namun target mereka adalah mengumpulkan 40 pemain.

Timnas Indonesia rencananya akan menggelar pemusatan latihan (TC) di Turki mulai 20 Desember 2023. Pemusatan latihan ini menjadi bukti keseriusan Garuda menatap Piala Asia 2023.

Tim asuhan Shin Tae-yong menanti lawan tangguh di Piala Asia 2-23. Mereka tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Melihat lawannya, Timnas Indonesia disebut-sebut perlu persiapan matang agar bisa tampil percaya diri saat tampil di ajang yang berlangsung 12 Januari hingga 10 Februari 2024 di Qatar itu.

“Kalau tidak salah, kami akan membawa nama sementara yang diserahkan kepada saya untuk melakukan panggilan: ada 30 pemain,” kata Sumardji kepada awak media.

Pemain Timnas Indonesia berlatih jelang Filipina (pssi.org)

“Tapi belum bisa dipastikan bisa ditambah atau tidak, tapi bisa ditambah, bisa ditambah dari 30 menjadi 40, tergantung kebutuhan,” jelasnya.

Apalagi, tidak banyak pemain yang dibawa ke Piala Asia. Sesuai aturan Piala Asia 2023, hanya 23 pemain yang bisa didaftarkan.

Timnas Indonesia juga berpotensi memainkan pemain baru naturalisasi yang kini tengah diproses PSSI. Mereka adalah Jay Idzes, Justin Hubner, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Nathan Tjoe-A-On.

“Kemarin (Shin Tae-yong) memberi saya informasi lisan awal yang mengatakan nanti Pak Marji akan menghubungi kami, mungkin 40 atau 30 (pemain) seperti itu. Tapi yang akan kami gunakan sesuai aturan, 22 atau 23 ya. Seperti itu,” tutupnya.

Pada laga pertama Piala Asia 2023, Timnas Indonesia akan menghadapi Irak di Stadion Ahmad bin Ali pada 15 Januari. Empat hari ke depan, skuad Garuda akan menghadapi Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Laga final melawan Jepang akan digelar di Stadion Al Thumama pada 24 Januari. Untuk otomatis lolos ke babak selanjutnya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan harus menjadi juara atau runner-up Grup D.

Peluang lainnya adalah dari yang terbaik ketiga. Terdapat empat slot untuk posisi ini yang akan diperebutkan oleh enam tim.