Sepak Terjang Newcastle United saat Terakhir Main di Liga Champions 21 Tahun Silam – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Simak aksi Newcastle United saat terakhir kali tampil di Liga Champions, menyusul kesuksesan klub berjuluk The Magpies itu kembali ke ajang elite Eropa musim depan.

Newcastle berhasil menggerogoti status The Big Six di puncak klasemen Premier League musim 2022/2023, setelah dipastikan finis di empat besar dan lolos ke Liga Champions 2023/2024.

Kesuksesan tersebut dipastikan saat tim berjuluk The Magpies bermain imbang 0-0 melawan Leicester City awal pekan ini.

Mendapat satu poin atas Leicester City juga memastikan Newcastle finis di empat besar Liga Inggris 2022/2023, karena peringkat kelima Liverpool tidak bisa lagi mengejar poin mereka.

Tak perlu dikatakan, keberhasilan ini juga dirayakan oleh para penggemar Newcastle dan para pemain mereka tampaknya merayakan gelar setelah mampu tampil di kompetisi elit Eropa musim depan.

Penerimaan ala juara bukan tanpa alasan. Pasalnya, terakhir kali tim asal Tyneside bisa tampil di Liga Champions adalah 20 tahun lalu, atau pada musim 2002/2003.

Saat itu, tim yang juga dikenal dengan The Toon Army itu bahkan diperkuat oleh legenda klubnya, Alan Shearer, saat terakhir kali tampil di Liga Champions.

Lantas, bagaimana performa Newcastle United saat terakhir kali tampil di Liga Champions? Berikut ulasannya.

Kualifikasi melalui Kualifikasi Mengalahkan Juventus

Newcastle United terakhir kali tampil di Liga Champions pada musim 2002/2003, setelah finis di urutan keempat klasemen Liga Inggris 2001/2002.

Karena finis keempat, Newcastle tidak otomatis masuk babak penyisihan grup, melainkan harus menjalani Kualifikasi Babak Ketiga.

Pada babak kualifikasi ketiga atau babak penyisihan terakhir, Newcastle mampu mengalahkan wakil Bosnia Zeljeznicar dengan skor agregat 5-0 yang membuat The Magpies lolos ke babak penyisihan grup.

Di fase grup pertama, Newcastle tergabung di grup E bersama Juventus, Dynamo Kiev, dan Feyenoord Rotterdam.

Melawan tim dengan tradisi bagus di Eropa, Newcastle yang saat itu diasuh oleh Sir Bobby Robson mampu finis sebagai runner-up, di belakang Juventus.

Keberhasilan menjadi runner-up grup B di fase pertama Liga Champions tak lepas dari keberhasilan Newcastle memenangkan tiga dari tiga laga terakhir, termasuk melawan Juventus.

Sebagai informasi, saat itu Juventus merupakan salah satu tim terkuat di Liga Champions. Bahkan pada musim 2002/2003, tim berjuluk La Vecchia Signora itu berhasil mencapai final.

Setelah finis sebagai runner-up, Newcastle lolos ke fase kedua grup, di mana The Magpies tergabung di Grup A bersama Barcelona, ​​​​Inter Milan, dan Bayer Leverkusen.

Sayangnya, dalam enam laga di Grup A, Newcastle harus puas di peringkat ketiga setelah hanya dua kali menang, satu kali imbang, dan tiga kali kalah.

Akibat finis ketiga di grup A, Newcastle gagal melanjutkan kiprahnya di Liga Champions, dan terpaksa absen hingga 20 tahun hingga musim 2022/2023.

Newcastle pernah mencoba peruntungan untuk kembali ke Liga Champions pada 2003/2004. Namun, The Magpies harus kalah di babak Kualifikasi Babak Ketiga setelah dikalahkan oleh Partizan Belgrade.

Lantas, bagaimana starting line-up Newcastle saat terakhir tampil di Liga Champions musim 2002/2003 melawan Barcelona pada 19 Maret 2003?

Newcastle United XI (4-4-2): Shay Diberikan; Andy Griffin, Andy O’Brien, Titus Bramble, Olivier Bernard; Kieron Dyer, Jermaine Jenas, Nolberto Solano, Laurent Robert; Alan Shearer, Craig Bellamy

[Felix Indra Jaya]