Senggol Timnas Indonesia, Ini Celah Kekurangan Jepang di Piala Asia 2023 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas Indonesia bersiap menghadapi laga krusial melawan Timnas Jepang di babak penyisihan grup Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada Rabu, 24 Januari, di Stadion Al Thumama, Doha. Meski dari segi performa, Timnas Jepang lebih unggul dibandingkan Timnas Indonesia, namun ada beberapa faktor yang bisa menjadi peluang Garuda meraih kemenangan.

Kelemahan pertama yang bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia adalah kurangnya keuletan pertahanan Jepang dalam mengantisipasi bola mati.

Terlihat pada dua laga awal, dua gol Vietnam tercipta lewat skema tersebut.

BACA JUGA: Mengambil Tanggung Jawab Usai Tersingkirnya Malaysia dari Piala Asia 2023, Kim Pan-gon: Mungkin Saya Bukan Pelatih yang Tepat

Oleh karena itu, melakukan tendangan bebas atau tendangan sudut bisa menjadi peluang emas bagi Timnas Indonesia untuk mencetak gol.

Selain itu, kelemahan Jepang juga terlihat tidak mampu mengantisipasi sundulan lawan.

Tiga dari empat gol yang masuk ke gawang Jepang merupakan hasil sundulan, sedangkan satu gol lainnya hasil sundulan Zion Suzuki yang kemudian berhasil diselesaikan oleh Pham Tuan Hai.

Celah inilah yang bisa dimanfaatkan Garuda untuk mendobrak pertahanan Jepang.

BACA JUGA: 3 Negara di Pot 4 Berpeluang Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Ada Timnas Indonesia

Tak hanya itu, kiper asal Jepang, Zion Suzuki, juga menunjukkan sikap tidak bisa dipercaya dalam menghadapi situasi duel udara.

Kesalahan yang dilakukannya bisa berdampak pada kondisi psikologisnya dan membuka ruang bagi Timnas Indonesia untuk mencetak gol.

Sementara dua kiper cadangan, Daiya Maekawa dan Taishi Brandon Nozawa, minim pengalaman sehingga bisa menjadi kelemahan lain yang bisa dimanfaatkan Garuda.

Meski Jepang dinilai berbeda kelas dengan negara-negara Asia pada umumnya, namun perlu diingat bahwa tekanan untuk menang juga membawa beban tersendiri.

Dengan posisi mereka yang berada di peringkat 17 dunia, ekspektasi menjadi juara tentu semakin memberikan tekanan bagi timnas Jepang.

Beban tersebut bisa menjadi faktor merugikan dan dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk meraih hasil positif di Piala Asia 2023.