Sempat Tertinggal, Jepang Bangkit Libas Vietnam – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Jepang meraih tiga poin usai bangkit dari ketinggalan mengalahkan Vietnam 4-2 pada laga Grup D Piala Asia 2024 di Stadion Al Thhumana, Doha, Minggu (14/1/2024).

Dengan hasil ini, Jepang berhak memuncaki posisi Grup D dengan tiga poin. Sedangkan Vietnam menempati peringkat terbawah dengan poin nol, demikian catatan laman resmi AFC yang dimuat Antara

Pasukan Hajime Moriyasu bertekad untuk meraih gelar Piala Asia kelima mereka, dan tampak akan meraih kemenangan mudah ketika Takumi Minamino membawa mereka unggul pada menit ke-11. Berawal dari tendangan Yukinari Sugawara ke kotak penalti, bola berhasil dihalau oleh bek Vietnam dan Minamino tak menyia-nyiakan kesempatan untuk merebut bola rebound.

Vietnam kemudian menyamakan kedudukan empat menit berselang. Nguyen Dinh Bac menyundul bola sepak pojok ke gawang yang dikuasai kiper Zion Suzuki.

Pada menit ke-33, Vietnam justru berhasil membalikkan keadaan. Bek Bui Hoang Viet Anh menyundul tendangan bebas ke tiang jauh, bola berhasil dihalau kiper Suzuki, namun bola kemudian mengarah ke Pham Tuan Hai yang membentur gawang Jepang.

Sayangnya, Vietnam gagal menciptakan kejutan lagi, malah kebobolan jelang jeda.

Pada menit ke-45, Wataru Endo mengoper bola kepada mantan pemain Liverpool Minamino, dan penyerang AS Monaco itu kemudian melepaskan tembakan tak terkendali ke tiang gawang Vietnam. Kedudukan imbang 2-2.

Jepang kemudian memimpin pada menit 45+9. Keito Nakamura melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti yang berhasil masuk ke gawang Filip Nguyen.

Durasi pertandingan menurun signifikan di babak kedua, namun pemain pengganti Ayase Ueda masih mampu mencetak gol keempat Jepang pada menit ke-85.

Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada laga pembuka Grup D pada Senin (15/1).

Daftar pemain:

Jepang: Zion Suzuki, Yukinaki Sugawara, Ko Itakura, S Taniguchi, Hiroki Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita, Junya Ito, Takumi Minamino, Keito Nakamura, Mao Hosoya

Pelatih: Hajime Moriyasu

Vietnam: Filip Nguyen, Thanh Binh Nguyen, Minh Trong Vo, Viet Anh Bui Hoang, X Manh Pham, N Tuan Anh, T Son Nguyen, Tuan Tai Phan, Do Hung Dung

Pelatih: Philippe Troussier