Segini Ranking FIFA Timnas Indonesia Jika Mampu Sikat Irak di Piala Asia 2023, Naik Drastis? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Peringkat FIFA Timnas Indonesia berpotensi mengalami peningkatan signifikan jika berhasil mengalahkan Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023.

Kemenangan ini berpotensi membawa skuad Garuda naik delapan peringkat.

Pada Piala Asia 2023, Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang. Lawan tangguh ini menantang tim besutan Shin Tae-yong untuk memberikan performa terbaiknya.

Timnas Indonesia menggelar pemusatan latihan (TC) di Turki sebagai persiapan jelang Piala Asia 2023 di Qatar. [doc. ASEAN Football]

Meski secara teori lawan Indonesia punya kualitas yang kuat, namun jika dilihat dari ranking FIFA, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang tidak masuk 100 besar.

Meski begitu, jika dilihat dari sisi positifnya, keberhasilan mendulang poin di Piala Asia 2023 bisa memberikan manfaat yang signifikan.

Semakin tinggi peringkat lawan yang kalah, maka semakin besar pula potensi poin yang bisa diraih Indonesia di ajang ini.

Irak yang berada di peringkat 63 FIFA menjadi lawan berat bagi Indonesia yang berada di peringkat 146. Kemenangan atas Irak mampu membawa Garuda naik delapan tingkat dengan tambahan 26,64 poin sehingga total mencapai 1.090,65 poin.

Hasil imbang memberikan tambahan 9,14 poin, sedangkan kekalahan menghasilkan pengurangan 8,36 poin dari total awal 1.064,01.

Jika Indonesia berhasil mengalahkan Irak dan meraih 1.090,65 poin, peringkat FIFA mereka akan naik empat peringkat, melonjak dari peringkat 146 ke 138.

Dalam peningkatan tersebut, Indonesia akan mengungguli beberapa negara antara lain Botswana, Ethiopia, Suriname, Antigua dan Barbuda, Turkmenistan, Filipina, Burundi, dan Lithuania.

Namun jika Timnas Indonesia kalah, poinnya akan turun menjadi 1.055,65 dan peringkatnya turun ke peringkat 147, di bawah St Kitts dan Nevis.

Kontributor: Imadudin Robani Adam