Saya Sangat Senang dan Antusias Sambut Hari Esok – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Salah satu calon pemain naturalisasi timnas Indonesia, Jay Idzes, akan dilantik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Kamis (28/12/2023).

Melansir ANTARA dari laman resmi PSSI, Rabu (27/12/2023), Jay Idzes baru saja tiba di Indonesia untuk menjalani proses pengambilan sumpah kewarganegaraan Indonesia.

Salah satu calon pemain naturalisasi timnas Indonesia, Jay Idzes, tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (27/12/2023). (ANTARA/HO-PSSI)

“Saya sangat senang dan bersemangat menyambut besok. Akhirnya saya bisa menyelesaikan semua prosesnya (Sumpah Kewarganegaraan Indonesia). “Iya, aku benar-benar tidak sabar menunggu hari esok,” kata Jay sesampainya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pengambilan sumpah WNI akan dilakukan di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta mulai pukul 08.00 WIB. Jay Idzes wajib tampil dengan setelan jas lengkap berwarna hitam, dasi merah, dan topi.

Bahkan, tak hanya Jay Idzes yang diundang untuk mengambil sumpah kewarganegaraan Indonesia, tapi juga Nathan Tjoe-A-On. Namun, pemain berusia 22 tahun itu berhalangan hadir karena masih ada urusan dengan klubnya Swansea City.

Pada September 2023, pemain bernama lengkap Jay Noah Idzes yang merupakan bek klub Serie B Italia Venezia itu bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Proses naturalisasi Idzes berlangsung singkat. Pada awal Desember, Komisi III dan X DPR RI menyetujui permohonan naturalisasinya. Sehari kemudian, Rapat Paripurna DPR membunyikan palu persetujuan.

Jay Noah Idzes merupakan pemain sepak bola asal Belanda yang lahir pada tanggal 2 Juni 2000. Pemain tersebut merupakan keturunan Indonesia dari kakeknya (ayah dari ibu) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Sebelum Jay, PSSI telah merampungkan naturalisasi beberapa pemain turun temurun seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner.