Sama-sama Kalah di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Pelatih Thailand Punya Alasan Berbeda dari Shin Tae-yong – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Dua juara ASEAN, Timnas Indonesia dan Timnas Thailand, sama-sama kalah di hari pertama putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad Indonesia dikalahkan tuan rumah Irak 1-5 di Basra International Stadium, Kamis (16/11/2023) sore WIB.

Pelatih Shin Tae-yong menyebut keunggulan tuan rumah sebagai alasan kekalahan tersebut, dengan Irak menerima dukungan langsung dari lebih dari 60 ribu penggemar yang mempengaruhi jalannya pertandingan.

Shin Tae-yong menilai selain keunggulan sebagai tuan rumah, Irak juga tampil lebih baik.

“Tim Irak tampil baik dan membuat pertandingan kami menjadi sulit. Kami berusaha menyamakan kedudukan, namun usaha kami tidak berhasil,” kata Shin Tae-yong seperti dilansir situs PSSI.

Saya mengucapkan selamat kepada Irak atas kemenangan ini.

Sedangkan Timnas Thailand kalah 1-2 dari China. Meski bermain di kandang sendiri dan memimpin, tim Thailand asuhan Alexandre Polking harus menerima kekalahan setelah China mencetak dua gol.

Polking menyebutkan alasan kekalahan tersebut usai pertandingan. Pelatih berusia 47 tahun itu mengkritik anak asuhnya yang terlalu banyak membuang peluang di laga tersebut.

Kekecewaan tersebut nampaknya beralasan mengingat statistik menunjukkan dominasi timnas Thailand atas China.

Dari segi tembakan, Thailand mencatatkan 17 tembakan berbanding 7 tembakan tim tamu. Selain itu, timnas Thailand juga menguasai bola dengan persentase 63 persen, sedangkan China hanya menguasai 37 persen.

“Saya sangat kecewa. Kekalahan ini berdampak besar bagi kami,” kata pelatih Brasil itu mengutip ASEAN Football.

“Thailand menciptakan banyak peluang tapi juga banyak menyia-nyiakan peluang. Masalahnya terletak pada penyelesaian akhir yang buruk,” keluh pelatih asal Brasil itu.

Kontributor: Imadudin Robani Adam