Rating pemain saat tim tamu meraih dua poin di laga pembuka Piala Liga

by

Dua gol dari Jared Stroud sudah cukup bagi DC United untuk mengalahkan Atlanta United 3-3 (5-6 melalui adu penalti) di Babak Grup Piala Liga 2024.

Tim tamu membuka skor dalam waktu lima menit setelah kesalahan fatal dari Josh Cohen. Mantan pemain Maccabi Haifa itu mencoba untuk membuang bola dari kotak penaltinya sendiri tetapi bola malah melayang ke udara, karena Dominique Badji bereaksi cepat untuk memberikan umpan sundulan cepat kepada Christian Benteke.

Benteke memaksa Cohen melakukan kesalahan lagi, mengambil bola dan melewati pemain berusia 31 tahun itu sebelum menemukan bagian belakang gawang terbuka untuk mencetak gol pertama Piala Liga 2024.

Namun, tuan rumah baru bisa membalas pada menit ke-20. Brooks Lennon menangkap bola liar di sisi kanan setelah umpan silang Saba Lobjanidze diblok, dan mantan bek Real Salt Lake itu melepaskan umpan silang melengkung yang disundul Daniel Rios untuk menyamakan kedudukan.

Beberapa saat setelah menyamakan kedudukan, Lennon — yang memberi umpan kepada gol sundulan Rios — menjadi pemain berikutnya Kota Atlanta pemain bertahan melakukan kesalahan fatal dalam pertandingan. Lennon mencoba menyundul bola ke belakang ke arah Cohen atau pemain bertahan lainnya, tetapi bola malah jatuh tepat ke jalur Jared Stroud. Stroud memiliki peluang bebas untuk mencetak gol dan tidak membuat kesalahan, melepaskan tembakan melintasi muka gawang untuk membawa DC kembali unggul 2-1.

Stroud mencetak gol keduanya dalam pertandingan itu beberapa menit kemudian, mengejutkan para penggemar di Stadion Mercedes-Benz. Stian Gregersen dari Atlanta mencoba menyundul umpan silang DC dari kotak penaltinya, tetapi bola jatuh ke Stroud yang menyentuhnya dengan cepat sebelum melepaskan tendangan voli yang keras untuk mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Setelah gol Stroud, Lobjandize memutuskan untuk mencetak gol yang sangat bagus untuk membawa Atlanta memperkecil ketertinggalan. Pemain internasional Georgia itu menangkap bola liar di sisi kiri area penalti DC sebelum menusuk ke dalam dengan kaki kanannya untuk melepaskan tendangan yang tepat sasaran yang tidak dapat ditepis Bono.

Five Stripes mendapat hadiah penalti setelah Lucas Bartlett dari DC menjatuhkan Rios di dalam area penaltinya sendiri. Wasit Fernando Guerrero Ramirez mengonfirmasi keputusan tersebut setelah akhirnya melihat monitor VAR, tetapi Bono melangkah maju untuk menggagalkan tendangan Bartosz Slisz dari jarak 12 yard sehingga Black and Red tetap unggul 3-2.

Meski gagal mengeksekusi penalti, Atlanta kembali mendapat peluang setelah Jamal Thiare dijatuhkan Aaron Herrera. Kali ini, Rios maju dan mencetak gol untuk menyamakan kedudukan menjadi 3-3 dengan waktu tersisa kurang dari 10 menit di waktu normal.

Karena pertandingan berakhir imbang setelah 90 menit ditambah waktu tambahan, masing-masing tim menerima satu poin di klasemen Grup 7 Timur berdasarkan aturan Piala Liga. Pada akhirnya, Bono berhasil menyelamatkan tendangan penalti kedua Slisz pada malam itu selama adu penalti untuk membawa tim Hitam dan Merah meraih kemenangan 6-5.

Josh Cohen mendapat anggukan sebagai penjaga gawang

Josh Cohen mendapat kepercayaan untuk menjadi penjaga gawang / Brett Davis-USA TODAY Sports

Kiper: Josh Cohen – 5/10 – Memberikan keunggulan awal bagi DC setelah serangkaian kesalahan fatal. Ia mungkin seharusnya bisa berbuat lebih baik pada gol pertama Stroud meskipun Lennon yang bersalah. Tidak banyak yang bisa ia lakukan pada gol kedua Stroud, tetapi ia menebusnya dengan menyelamatkan tendangan Klich selama adu penalti.

RB: Brooks Lennon – 5/10 – Umpannya yang luar biasa untuk gol sundulan Rios disapu bersih oleh umpan sundulannya yang mengarah tepat ke jalur Stroud. Gagal mengeksekusi penalti membuat keadaan menjadi lebih baik.

CB: Stian Gregersen – 5/10 – Dikalahkan Badji dalam hal lompatan pada gol pembuka dan percobaan penyelamatannya justru jatuh ke jalur Stroud yang menyebabkan gol kedua pemain sayap DC tersebut.

CB: Derrick Williams – 6/10 – Posisinya agak tidak menentu di awal permainan, tetapi ia membaik seiring berjalannya permainan.

LB: Ronald Hernandez – 6/10 – Pemain itu tidak membantu atau menghalangi timnya.

CM: Tristan Muyumba – 6/10 – Penampilan yang tenang dari Muyumba yang tidak banyak menghabiskan waktu menguasai bola di lini tengah.

CM: Ajani Fortune – 6/10 – Fortune sebagian besar bermain solid di luar beberapa umpan nyasar di wilayahnya sendiri.

CM: Bartosz Slisz – 5/10 – Pemain internasional Polandia itu memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan bagi Atlanta, tetapi gagal melakukannya karena tendangan penaltinya yang buruk. Keadaan menjadi lebih buruk bagi Slisz karena ia tidak dapat mengonversi tendangannya selama adu penalti.

RW: Saba Lobjanidze – 8/10 – Mencetak gol balasan di babak pertama lewat tendangan gemilang dari luar kotak penalti. Sukses mengeksekusi tendangan penalti dengan mudah.

ST: Daniel Rios – 8/10 – Rios terus tampil untuk Atlanta meskipun direkrut sebagai salah satu penyerang cadangan.

LW: Xande Silva – 6/10 – Membawa bola dengan baik ke lapangan untuk memulai serangan. Sayangnya ia digantikan pada babak pertama karena ia mulai mendapatkan momentum menjelang akhir babak pertama.

Pengganti

SUB: Jamal Thiare (46′ untuk Silva) – 7/10 – Gagal memanfaatkan peluang emas saat berhadapan satu lawan satu dengan Bono. Namun, beberapa saat kemudian ia berhasil membuat Atlanta mendapatkan penalti lagi dan berhasil mengeksekusi penalti tersebut.

SUB: Dax McCarty (46′ untuk Fortune) – 6/10 – Tidak banyak yang bisa dilakukan di lini tengah setelah masuk. Ia berhasil mengeksekusi tendangan penalti dengan tenang.

Pemain pengganti: Pedro Amador (76′ untuk Muyumba) – 6/10 – Tidak banyak yang bisa diceritakan dari debut Amador.

SUB: Nick Firmino (90′ untuk Rios) – 7/10 – Berhasil mengonversi percobaannya dengan baik selama adu penalti.

Pengelola

Rob Valentino (Pelatih Kepala Sementara) – 7/10 – Susunan pemainnya hampir tepat mengingat status skuad Atlanta saat ini, dan bukan salahnya jika Cohen (dan Lennon) membuat beberapa kesalahan fatal di awal. Karena tim tidak memiliki pemain nomor 10 setelah kepergian Thiago Almada, langkah Valentino untuk menggunakan sistem 4-3-3 daripada sistem 4-2-3-1 yang biasa telah memberi Atlanta sedikit lebih banyak peluang untuk maju. Tim tersebut tidak beruntung untuk maju melalui adu penalti tetapi masih berpeluang karena mereka meraih poin setelah 90 menit bermain.