Rating pemain saat La Roja menyingkirkan tuan rumah Euro 2024 di perpanjangan waktu

by

Spanyol memastikan tempat mereka di semi-final Euro 2024 dengan kemenangan dramatis 2-1 melawan tuan rumah Jerman setelah perpanjangan waktu.

Diperlukan lebih dari 120 menit untuk memisahkan dua favorit turnamen, dengan La Roja nyaris menang dalam pertandingan di Stuttgart.

Pertemuan yang menegangkan dan mendebarkan itu diwarnai 16 kartu kuning dan satu kartu merah yang dikeluarkan pada Jumat malam yang terik, sementara karier gemilang Toni Kroos berakhir setelah ia pensiun di akhir kompetisi sepak bola Jerman.

Pasukan Luis de la Fuente akan bertemu Portugal atau Prancis di semifinal pada hari Selasa.

Bagaimana permainan itu berlangsung

Spanyol menemukan peluang mencetak gol di menit pertama. Umpan Nico Williams ke Alvaro Morata diumpankan ke Pedri, yang tendangannya dari tepi kotak penalti berhasil ditahan Manuel Neuer.

Lamine Yamal kemudian melihat tendangan bebasnya merayap di bawah tembok Jerman namun melengkung melewati sisi luar tiang gawang saat tekanan awal La Roja terus berlanjut.

Peluang pertama Jerman hadir ketika Kai Havertz menyambut umpan silang Joshua Kimmich, tetapi sundulannya justru masuk ke gawang kiper Unai Simon.

Dalam waktu dua menit sejak dimulainya kembali pertandingan, Spanyol seharusnya unggul. Umpan silang Williams diumpankan kembali ke dalam oleh Lamine Yamal untuk Morata, yang berputar dan melepaskan tembakan dari jarak dekat.

Namun dengan serangan berikutnya, Spanyol memecah kebuntuan. Morata turun ke dalam dan mengoper bola ke Yamal, yang sekali lagi mampu memberikan umpan silang rendah secara perlahan, kali ini kepada Dani Olmo, dan ia tidak membuat kesalahan dengan penyelesaian yang bagus dari jarak 18 yard.

Jerman mulai panik dan langsung bermain panjang untuk mencoba mencari jalan menuju gawang. Niclas Fullkrug memberi umpan kepada Robert Andrich di tepi kotak penalti dan tendangannya mengenai telapak tangan Simon dalam serangan pertama mereka yang berarti setelah tertinggal.

Dani Carvajal yang gigih kemudian melakukan blok terbang untuk menggagalkan Havertz setelah Spanyol gagal mengambil bola dari jari kaki Fullkrug.

Di sisi lain, tendangan bebas mendalam Ferran Torres menyebabkan Neuer bergegas kembali melintasi garisnya dan mencegah bola menyelinap masuk di tiang jauh.

Fullkrug terus menerus menimbulkan masalah serius bagi Spanyol dan ia mengguncang tiang gawang setelah mencapai umpan tarik Florian Wirtz, sembari bergulat dengan Carvajal.

Peluang lain yang didapat Jerman tidak membuahkan hasil ketika tendangan buruk Simon dihadang oleh Havertz, namun umpannya dari jarak 25 yard melambung di atas gawang.

Namun setelah 89 menit, tuan rumah turnamen akhirnya berhasil mencetak gol. Umpan silang Maximilian Mittelstadt disundul kembali oleh Joshua Kimmich ke Wirtz, yang kemudian melepaskan tendangan setengah voli yang melesat masuk ke dalam tiang jauh untuk membawa pertandingan ke babak tambahan.

Mikel Oyarzabal dan Wirtz sama-sama melepaskan tembakan melebar beberapa inci pada babak pertama perpanjangan waktu, sebelum Jerman menginginkan penalti karena handball terhadap Cucurella tak lama setelah permainan dimulai kembali, tetapi wasit Anthony Taylor tidak terpengaruh.

Kimmich mengirim umpan silang kepada Fullkrug yang menyundulnya, dan Simon harus berusaha sekuat tenaga untuk menjaga bola agar tidak masuk ke gawang.

Dan di menit akhir perpanjangan waktu, Spanyol berhasil mencuri kemenangan. Umpan silang dari Olmo berhasil melewati Mikel Merino yang tidak terkawal di kotak penalti, dan sundulannya membuat Neuer terkatung-katung.

Jerman mencari satu kejutan terakhir dan mengira mereka telah mendapatkannya ketika sundulan Fullkrug kembali melebar, sementara Carvajal menerima kartu kuning kedua karena kecerobohannya saat Spanyol kali ini berhasil bertahan untuk melaju.

Dani Olmo, Lamine Yamal

Yamal dan Olmo bekerja sama untuk gol pembuka / Clive Mason/GettyImages

Kiper: Unai Simon – 6/10 – Melakukan tugasnya setiap kali dipanggil untuk beraksi oleh penyerang langsung Jerman. Terkadang terburu-buru mencoba memulai serangan balik, yang sering kali menyebabkan bola dengan cepat kembali ke arah lain.

RB: Dani Carvajal – 8/10 – Sebuah kelas master dalam seni gelap, di sini. Memperlambat permainan, menyusup ke dalam pertahanan Jerman dan bertahan di saat-saat yang paling penting. Tersingkir dari semifinal setelah menerima kartu merah.

CB: Robin Le Normand – 5/10 – Sulit untuk menjaga Havertz tetap tenang dan keluar lapangan di babak pertama. Diberi kartu kuning dan akan absen di semifinal.

CB: Aymeric Laporte – 7/10 – Tidak seperti Le Normand, ia tidak terpengaruh oleh situasi tersebut. Tetap tenang dan kalem bahkan ketika Jerman mulai bermain lama.

LB: Marc Cucurella – 6/10 – Sane dibungkam hingga ia ditarik keluar pada babak pertama. Diberi lebih banyak masalah oleh WIrtz dan dikalahkan oleh Kimmich yang berujung pada gol penyeimbang Jerman.

CM: Rodri – 7/10 – Celananya pernah ditarik ke bawah (Anda tahu, secara metaforis) oleh Musiala di babak pertama, tetapi selain itu ia memiliki permainan yang hampir sempurna dalam mendikte permainan di dalam dan di luar bola.

CM: Fabian Ruiz – 7/10 – Melepaskan ancamannya untuk menghancurkan kotak penalti Olmo setelah ia diganti, tetapi masih mampu memberi pengaruh lebih dalam di lini tengah, menggiring rekan-rekan Jermannya ke seluruh area.

CM: Pedri – T/A – Digantikan saat hanya bermain delapan menit setelah mendapat cedera akibat tekel keras dari Kroos.

RW: Lamine Yamal – 8/10 – Saya tahu kita mengatakan ini setiap minggu, tetapi sungguh menggelikan bagi seseorang yang baru berusia 16 tahun untuk bisa bermain sepak bola sebaik ini. Melakukan beberapa serangan melalui jalan buntu di babak pertama tetapi membuat perbedaan yang berdampak sebelum ia digantikan tepat setelah satu jam pertandingan.

CF: Alvaro Morata – 7/10 – Gagal mengajukan pertanyaan kepada Jerman di babak pertama sebelum menjadi orang yang menyatukan semua serangan Spanyol di babak kedua. Entah bagaimana mendapat kartu kuning di luar lapangan dan tersingkir dari semifinal.

LW: Nico Williams – 6/10 – Sungguh membuat orang terengah-engah bahkan saat melihat Williams memamerkan kemampuannya. Jerman memang sedang terburu-buru tetapi hari ini tidak terlalu menjadi ancaman langsung.

Pengganti

SUB: Dani Olmo (8′ untuk Pedri) – 9/10 – Ada banyak perdebatan di Spanyol minggu ini mengenai apakah Olmo harus menjadi starter menggantikan Pedri, dan ia menjawab pertanyaan itu dengan meyakinkan. Bermain di posisi tinggi hampir di samping sang striker pada beberapa kesempatan dan meraih dua sumbangan gol yang sangat penting.

SUB: Nacho Fernandez (46′ untuk Le Normand) – 6/10 – Menutupi kurangnya pengalaman tingkat atas Le Normand tetapi masih kurang tinggi yang dibutuhkan untuk menangkis serangan Jerman.

SUB: Ferran Torres (63′ untuk Yamal) – 5/10

SUB: Mikel Oyarzabal (80′ untuk Morata) – 6/10

SUB: Mikel Merino (80′ untuk Williams) – 8/10

SUB: Joselu (102′ untuk Fabian) – 5/10

Pemain pengganti yang tidak dimainkan: David Raya (GK), Alex Remiro (GK), Daniel Vivian, Jesus Navas, Alejandro Grimaldo, Martin Zubimendi, Alex Baena, Fermin Lopez, Ayoze Perez

Pengelola

Luis de la Fuente – 7/10 – Spanyol kesulitan menghadapi Jerman ketika mereka bermain agresif dan mencoba menggertak mereka, tetapi mereka berhasil bangkit dan mencatat kemenangan yang sangat mengesankan.

Florian Wirtz

Wirtz bawa Jerman ke level yang sama / Qian Jun/MB Media/GettyImages

Kiper: Manuel Neuer – 6/10 – Tidak berdaya menghentikan dua gol Spanyol, pada akhirnya.

RB: Joshua Kimmich – 7/10 – Memungkinkan Williams berlari cepat ke ruang kosong di awal sebelum mengambil pendekatan yang lebih konservatif. Lebih berguna di sepertiga penyerangan, terutama dalam membantu Wirtz menyamakan kedudukan.

CB: Antonio Rudiger – 5/10 – Penampilan yang anehnya tidak menentu dan tidak nyaman dari Rudiger yang biasanya tampil mengerikan.

CB: Jonathan Tah – 5/10 – Kurang bersemangat dan agak terlalu lambat untuk bereaksi terhadap bahaya. Ditarik pada sore hari untuk menyerang bala bantuan.

LB: David Raum – 4/10 – Diberi mimpi buruk oleh Yamal sebelum akhirnya disuruh mundur oleh Nagelsmann tak lama setelah Spanyol unggul satu gol.

CM: Emre Can – 4/10 – Dibawa ke lini tengah untuk memberikan energi dan kecepatan, tetapi Spanyol dengan mudah mampu melewatinya. Nagelsmann menebus kesalahannya dengan mengganti Can setelah hanya 45 menit.

CM: Toni Kroos – 5/10 – Dipaksa pensiun setelah turnamen Jerman berakhir. Entah bagaimana awalnya lolos dari hukuman atas beberapa pelanggaran, termasuk satu pelanggaran yang mencederai Pedri hanya dua menit setelah pertandingan dimulai. Tidak memiliki pegangan yang biasa dalam permainan.

RW: Leroy Sane – 4/10 – Tidak dapat masuk ke dalam permainan sama sekali dan ditarik keluar pada babak kedua.

PAGI: Ilkay Gundogan – 5/10 – Bukan untuk pertama kalinya di turnamen ini, kapten Jerman terpikat saat mereka berupaya mencetak gol dengan memasukkan penyerang lain.

LW: Jamal Musiala – 5/10 – Mampu membawa bola dengan baik di beberapa titik, meski hanya sebatas itu kemampuannya.

CF: Kai Havertz – 5/10 – Mencuri banyak peluang tanpa benar-benar mendekatinya. Diperlihatkan oleh Fullkrug yang sibuk setelah perkenalannya.

Pengganti

SUB: Robert Andrich (46′ untuk Can) – 6/10 – Menyuntikkan Jerman dengan energi yang mereka butuhkan untuk bersaing.

SUB: Florian Wirtz (46′ untuk Sane) – 8/10 – Memberikan segalanya kepada Jerman yang tidak diberikan Sane. Hampir menjadi pahlawan dengan gol penyeimbangnya yang indah.

SUB: Maximilian Mittelstadt (57′ untuk Raum) – 7/10 – Peningkatan besar pada Raum di bek kiri.

SUB: Niclas Fullkrug (57′ untuk Gundogan) – 8/10 – Mengubah permainan dengan fisiknya.

SUB: Thomas Muller (80′ untuk Tah) – 5/10

SUB: Waldemar Anton (91′ untuk Havertz) – 5/10

Pemain pengganti yang tidak dimainkan: Oliver Baumann (GK), Marc-Andre ter Stegen (GK), Benjamin Henrichs, Nico Schlotterbeck, Robin Koch, Pascal Gross, Chris Fuhrich, Maximilian Beier, Deniz Undav

Pengelola

Julian Nagelsmann – 6/10 – Hampir saja membawa Jerman ke babak empat besar dengan beralih ke formasi 4-4-2. Sayangnya, mereka tidak tampil lebih baik selama 120 menit.

Pemain terbaik pertandingan – Dani Olmo (Spanyol)

Dani Olmo

Olmo mencetak satu gol dan satu assist / Alex Livesey/GettyImages

BACA BERITA, PRATINJAU & RATING PEMAIN EURO 2024 TERBARU