Rating pemain saat La Celeste finis di posisi ketiga di Copa America 2024

by

Tepat ketika Kanada tampak akan memenangkan pertandingan, Uruguay bangkit dan mengalahkan tim asuhan Jesse Marsch dalam pertandingan perebutan tempat ketiga Copa America 2024 berkat aksi heroik Luis Suarez di akhir pertandingan.

Penampilan mengecewakan Uruguay di semifinal melawan Kolumbia menghancurkan harapan mereka untuk membuat yang pertama Piala Amerika final dalam lebih dari satu dekade. Alih-alih bertemu Argentina di Hard Rock Stadium besok, La Celeste harus puas dengan pertandingan perebutan tempat ketiga malam ini melawan Kanada di hadapan penonton yang sedikit di Bank of America Stadium.

Bagaimana permainan itu berlangsung

Meskipun Kanada menikmati penguasaan bola yang lama untuk memulai pertandingan, La Celeste-lah yang mencetak gol pertama pada menit kedelapan. Tendangan sudut Fede Valverde yang tepat sasaran disambut sundulan Sebastian Caceres, yang mengarahkan bola tepat ke kaki Rodrigo Bentancur yang tidak terkawal di tiang dekat untuk memimpin 1-0.

Tim asuhan Jesse Marsch tetap bertahan dalam permainan, menemukan beberapa peluang sebelum mencetak gol penyeimbang yang tak terduga pada menit ke-22. Jacob Shaffelburg mengirim tendangan sudut tinggi ke kotak penalti, dan meski ada dua pemain Uruguay di kedua sisi Moise Bombito, sang bek berhasil menyundul bola dengan sempurna dan mengirim bola ke Ismael Kone. Sang gelandang melakukan penyelesaian akhir yang sempurna untuk menaklukkan Sergio Rochet dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Facundo Pellistri membalas dengan golnya sendiri hanya semenit kemudian, tetapi gol pemain sayap itu dianggap offside. Meskipun Uruguay segera membalas, Kanada mendominasi sisa babak pertama, menyia-nyiakan beberapa peluang mencetak gol yang seharusnya memberi mereka keunggulan menjelang turun minum.

Sebagian besar babak kedua tidak seintensif babak pertama hingga 15 menit terakhir pertandingan. Jonathan David membawa Kanada unggul 2-1 pada menit ke-80; Kone memaksa Rochet melakukan penyelamatan yang memantul tepat ke arah penyerang, dan pemain Lille itu tidak menyia-nyiakannya. Namun, Luis Suarez yang menyamakan kedudukan bagi Uruguay pada menit ke-93 setelah menerima umpan silang sempurna dari Jose Gimenez, sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke adu penalti.

Valverde, Bentancur, dan Giorgian De Arrascaeta mengeksekusi penalti mereka, sementara Rochet menyelamatkan tendangan Kone, sehingga Uruguay unggul 2-3 dalam adu penalti. Suarez juga tidak gagal mengeksekusi penalti, dan akhirnya mencetak gol kemenangan sebelum tendangan Alphonso Davies membentur mistar gawang. Uruguay keluar sebagai pemenang, menang 4-3 dalam adu penalti untuk mengamankan posisi ketiga di Copa America 2024.

Rodrigo Bentancur

Rodrigo Bentancur mencetak gol pembuka Uruguay. / Grant Halverson/GettyImages

Kiper: Sergio Rochet – 6/10 – Rochet melakukan beberapa penyelamatan gemilang di babak pertama untuk menjaga timnya tetap bertahan, tetapi sang kiper kebobolan dua gol untuk pertama kalinya sepanjang turnamen. Namun, Rochet menyelamatkan tendangan penalti Kone dalam adu penalti, membantu timnya meraih kemenangan malam ini.

RB: Nahitan Nandez – 6/10 – Nandez kembali dari skorsing satu pertandingan dan memberikan penampilan gemilang bagi La Celeste, menghentikan Jacob Shaffelburg dan melakukan penyelamatan di garis gawang untuk menjaga kedudukan tetap imbang di babak pertama.

CB: Sebastian Caceres – 6/10 – Caceres membantu gol pembuka Uruguay, tetapi gagal menutup Kone pada gol kedua Kanada.

CB: Jose Gimenez – 6/10 – Gimenez gagal menyundul bola yang menghasilkan gol penyeimbang bagi Kanada di babak pertama, tetapi sang bek bangkit kembali dan melakukan beberapa penyelamatan dan tekel tepat waktu untuk menahan The Reds. Pemain Atletico Madrid itu juga membantu gol penyeimbang Suarez.

LB: Matias Vina – 5/10 – Vina mengalami malam yang naik turun. Meskipun sang bek melakukan tekel yang ceroboh dan beberapa kali keluar dari posisinya, ia akhirnya berhasil mengunci Ali Ahmed.

CM: Rodrigo Bentancur – 6/10 – Bentancur tidak menunjukkan tanda-tanda cedera yang memaksanya keluar lapangan di semifinal, mencetak gol pembuka pertandingan—gol keduanya di turnamen tersebut. Gelandang itu juga mencetak gol penalti dalam adu penalti.

CM: Manuel Ugarte – 5/10 – Ugarte mengalami beberapa pelanggaran tidak biasa pada babak pertama dan kesulitan mengimbangi laju Kanada, sehingga memaksa Marcelo Bielsa melakukan perubahan pada babak pertama.

CM: Federico Valverde – 7/10 – Umpan bola mati Valverde menghasilkan gol pertama Uruguay, dan gelandang itu digagalkan oleh tiang gawang di babak kedua. Pemain Real Madrid itu mencetak gol penalti pertama Uruguay malam ini.

RW: Facundo Pellistri – 5/10 – Di luar gol Pellistri yang dianulir, gelandang tersebut gagal memberi pengaruh besar di sepertiga akhir.

ST: Darwin Nunez – 5/10 – Meskipun tampil beberapa kali pada babak pertama, sang penyerang relatif tidak terlihat, sehingga Bielsa memutuskan untuk menariknya keluar pada babak pertama dan menggantinya dengan Luis Suarez.

LW: Maxi Araujo – 5/10 – Araujo kesulitan melakukan apa pun dalam serangan malam ini, tetapi pemain sayap itu berhasil mundur ke pertahanan untuk menggantikan Vina.

Pengganti

Pemain pengganti: Luis Suarez – 7/10 – Suarez memainkan menit terbanyaknya di turnamen malam ini dan menyamakan kedudukan bagi Uruguay di menit-menit akhir pertandingan. Sang penyerang kemudian mencetak gol kemenangan dalam adu penalti.

SUB: Giorgian De Arrascaeta – 6/10- Sang gelandang melakukan beberapa umpan bola mati yang kurang mengesankan bagi Uruguay malam ini, tetapi ia berhasil melakukannya dalam adu penalti.

Pengganti: Cristian Olivera – 5/10 – Kaki segar Olivera membantu serangan Uruguay di babak kedua, tetapi tidak berhasil.

Pengganti: Brian Rodriguez – 5/10 – Rodriguez tampak aktif di sepertiga akhir Uruguay, tetapi gagal mengonversi salah satu peluang terbaik La Celeste di babak kedua.

Pengganti: Lucas Olaza – 5/10 – Olaza gagal memberikan pengaruh setelah masuk pada menit ke-67.

Pengelola

Marcelo Bielsa – 6/10 – Skuad Marcelo Bielsa hampir memiliki semua keunggulan atas Kanada malam ini, namun Uruguay masih kesulitan mengendalikan permainan. Memang, La Celeste menyamakan kedudukan di menit-menit akhir dan menang setelah adu penalti, tetapi aksi heroik seperti Luis Suarez dan Sergio Rochet seharusnya tidak diperlukan saat melawan Kanada. Kebobolan dua gol dari tim yang hanya mencetak dua gol sepanjang turnamen menimbulkan banyak pertanyaan tentang skuad Uruguay untuk melangkah maju.