Qatar Pesta Gol di Laga Pembuka, Lebanon Jadi Korban Pertama Sang Juara Bertahan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Tuan rumah Qatar berhasil memenangi laga pembuka Piala Asia 2023. Pada laga yang digelar di Stadion Lusail, Doha, Jumat (12/1/2024), Qatar berhasil mengalahkan Lebanon dengan skor penentu 3-0.

Tiga gol yang dicetak Qatar disumbangkan oleh dua penyerang utamanya, Akram Afif (2 gol) dan Almoez Ali.

Pemain Qatar Akram Afif (kanan) merayakan kemenangan timnya atas Lebanon pada laga pembuka Grup A Piala Asia 2023 di Stadion Lusail di Lusail, Doha, Jumat 12 Januari 2024. Permata SAMAD / AFP

Qatar yang berstatus juara bertahan langsung bermain agresif sejak peluit awal berbunyi. Lewat umpan Almoez Ali, Abdulaziz Hatem mencoba mencetak gol dari sisi kiri kotak penalti pada menit ke-2.

Namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Kiper asal Lebanon Mostafa Matar berhasil menggagalkan peluang pertama tuan rumah.

Kedua tim terus bersaing, namun dominasi menyerang didominasi oleh Qatar yang melepaskan 16 tembakan ke gawang Lebanon yang hanya berhasil melakukannya sebanyak sembilan kali.

Baca juga: Bertemu Pratama Arhan di Qatar, Azizah Salsha tampil cantik mengenakan syal seharga iPhone 11

Selain itu, Qatar juga mencatatkan 13 tendangan dari dalam kotak penalti, sedangkan Lebanon hanya mempunyai lima peluang.

Gol pertama Qatar diciptakan Afif pada menit ke-45. Afif menerima umpan dari Ali yang dengan cepat dieksekusinya saat berada tepat di depan gawang dengan penjagaan yang longgar.

Peluang ini memecah kebuntuan dan membuat Qatar unggul sementara 1-0 atas Lebanon.

Qatar menambah gol keduanya pada menit ke-56 lewat tendangan samping Ali.

Ali yang semula berada di depan gawang, berlari ke kiri gawang sesaat sebelum menerima umpan Mohammed Waad. Pertahanan Lebanon terlambat menyadari pergerakan Ali, dan akhirnya berhasil menembus gawang yang dijaga Matar.

Tim tuan rumah tidak menunjukkan belas kasihan kepada lawannya malam ini. Pada menit ke-90+6, Afif kembali mencetak gol untuk Qatar. Kali ini pertahanan Lebanon terbukti lemah sehingga menyisakan Afif sendirian di depan gawang.

Menerima bola, Afif tanpa ragu melepaskan tendangan kaki kiri yang mendarat di gawang Matar dan memastikan kemenangan tim tuan rumah 3-0.

Dengan kemenangan ini, Qatar untuk sementara memimpin Grup A dengan tiga poin.

Berbaris

Qatar (3-5-2): Mershaal Barsham; Pedro Miguel, Almahdi Ali, Lucas Mendes; Mohammed Waad, Abdel Aziz Hatem, Akram Afif, Ahmed Fathi, Youssef Abdel Razzaq; Almoez Ali, Hasan Al Haydos.

Lebanon (3-5-2): Mostafa Matar; Alexander Michel, Nour Mansour, Kassem Al Zein; Hussein Zein, Ali Tneich, Mohamad Haidar, Walid Shour, Nassar Nassar; Bassel Jradi, Hassan Maatouk.