PSSI Tawarkan Timnas Palestina Berkandang di Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – PSSI menawarkan kepada Persatuan Sepak Bola Palestina, PFA untuk menggunakan stadion di Indonesia sebagai kandang timnasnya pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jenderal PSSI Erick Thohir menegaskan komitmen penuh dan solidaritas sepak bola Indonesia terhadap Palestina.

Maka dari itu, di tengah konflik dan persoalan kemanusiaan yang tengah mendera masyarakat Palestina akibat serangan Israel, PSSI menawarkan bantuan dengan menyediakan stadion di Indonesia untuk digunakan Tim Nasional Palestina.

“Kami menawarkan Indonesia sebagai kandang bagi Palestina saat mereka memainkan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia bulan ini. Kandang kami juga kandang Palestina, kata Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/11).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (tengah). [ANTARA/HO-PSSI]

Tawaran yang dilontarkan PSSI disambut haru oleh PFA. Melalui pesan elektronik, Wakil PFA Susan Shalabi mengapresiasi dukungan dan komitmen yang diberikan PSSI.

Sebelumnya, melalui surat elektronik, Sekjen PSSI Yunus Nusi menyurati PFA atas nama Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk menyampaikan belasungkawa dan rasa solidaritas kepada masyarakat Palestina yang terkena serangan Israel.

PSSI memahami Timnas Palestina mempunyai jadwal laga kandang pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia pada 21 November.

Oleh karena itu, Yunus menyebut Erick Thohir menawarkan izin Palestina bermain di Indonesia.

“Mengingat apa yang terjadi di Palestina saat ini, dengan rendah hati kami menawarkan tim Palestina untuk bertanding melawan Australia pada 21 November di Indonesia,” tulis Yunus dalam suratnya.

“Bapak Erick Thohir, Presiden Federasi, akan memfasilitasi tim Palestina dalam hal akomodasi, transportasi darat dan juga stadion untuk pertandingan dengan biaya sendiri.”

Susan Shalabi mengapresiasi ucapan belasungkawa yang diberikan PSSI. Menurutnya, hal ini sangat berarti bagi rakyat Palestina di masa sulit.

“Presiden (asosiasi sepak bola) Anda, Pak Erick Thohir, benar-benar menunjukkan kehebatan, solidaritas, dan kemurahan hatinya dengan menawarkan akomodasi, transportasi darat, bahkan stadion untuk pertandingan dengan biaya sendiri. Sikap ini menunjukkan semangat persatuan dan dukungan Indonesia terhadap Palestina, kata Susan.

Terkait tawaran tersebut, Susan mengatakan pihaknya telah memilih Kuwait sebagai lokasi pertandingan.

“Mohon terima kasih kepada Presiden (PSSI) Thohir atas kebaikannya. Pelatih kepala dan direktur teknik memilih Kuwait karena kedekatannya (dengan Palestina). Kami dengan sepenuh hati mengucapkan terima kasih atas tawaran baik Anda dan menantikan kelanjutan kerja sama antar asosiasi kami,” ujarnya. .

Pada babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Palestina akan bertandang ke Lebanon pada laga pembuka Grup E yang berlangsung pada 16 November.

Sedangkan pada laga kedua melawan Australia pada 21 November mendatang, Palestina dijadwalkan bermain di kandang sendiri.