PSM Makassar Takkan Halangi Yakob Sayuri Hengkang ke Luar Negeri, tapi… – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Ketua Eksekutif PSM Makassar, Sadikin Aksa mengaku tidak akan menghentikan Yakob Sayuri jika ingin hengkang dan melanjutkan kariernya di luar negeri.

Meski demikian, Sadikin Aksa berpesan agar seorang pesepakbola perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengambil keputusan untuk berangkat ke luar negeri.

Hal itu disampaikan Aksa menyusul rumor Yakob Sayuri akan segera hengkang dari PSM Makassar.

Baca juga: Kabar Buruk Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kiper Utama Timnas Indonesia Cedera

Banyak pihak yang menduga Yakob memberi isyarat akan hengkang, merujuk pada unggahan foto hitam tanpa caption di Instagram miliknya, Senin (5/2/2024).

Yakob tak sekadar mengunggah fotonya lewat feed. Ia pun mengunggahnya ke fitur cerita.

Sadikin Aksa menegaskan Yakob Sayuri masih berstatus pemain PSM, namun ia juga tak memungkiri ada klub luar yang mengincar tanda tangan winger lincah itu.

Sadikin Aksa / [Instagram Sadikin Aksa]

Ia mengaku tak akan melarang Yakob Sayuri ingin berkarier di luar negeri, namun menegaskan sang pemain perlu mempersiapkan diri secara matang dengan baik.

“Saya tidak mau melarang, tapi kalau pemain sudah merasa siap. Jadi, tidak semua pemain mau bermain di luar karena pemain lokal kita banyak yang bermain di luar dan belum siap,” kata Sadikin Aksa kepada awak media di Jakarta, Senin (6/2/2023).

“Jadi harus siap main di luar, apalagi Yakob baru menikah. Kalau ditanya, saya ingin Yakob ada di Indonesia. Tapi kalau ada kesempatan bermain di luar, siapa yang tidak mau ada pemain Indonesia yang bermain. .di luar, itu akan meningkatkan kepercayaan diri mereka.”

Baca juga: Jawaban Berkelas Shayne Pattynama Saat Mendapat ‘Pertanyaan Jebakan’ dari Media Malaysia

Nama Yakob Sayuri belakangan menjadi perbincangan menyusul penampilan apik yang ditunjukkannya selama membela timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Sepanjang Piala Asia 2023, Yakob juga menjadi salah satu pemain yang selalu dipercaya Shin Tae-yong dalam empat laga yang dilakoni skuad Merah Putih.

Dalam proses mengantarkan Garuda mengukir sejarah dengan lolos pertama kali ke fase gugur Piala Asia dengan melaju ke babak 16 besar, Yakob pun menampilkan penampilan individu yang luar biasa.

Saat Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Irak, Yakob menunjukkan kebolehannya dengan mengecoh pemain bertahan Irak lalu mengirimkan umpan silang yang disambar Marcelino Ferdinan ke dalam gawang.

Saat itu, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) bahkan menyebut tindakan Yakob Sayuri sebagai bantuan kelas dunia melalui cuitan di platform X.

Apalagi kita lihat sendiri di Piala Asia, Shin Tae-yong mempertahankannya di tim utama. Yakob juga salah satu pemain yang bisa bermain di berbagai posisi. Kalau ditanya PSM apakah bangga dengan Yakob yang punya banyak yang ditawarkan, alhamdulillah senang,” jelas Sadikin Aksa.

“Tapi mau tidak mau, itu kembali ke keinginan pemain itu sendiri. Bagi saya yang terpenting dia ada di PSM karena kebetulan yang kami tandatangani tahun lalu masih terikat kontrak dua tahun, ” tutupnya.