Berita Mengidap Kanker, Raja Charles III ‘Cuti’ dari Tugas Publik

by


Jakarta, Pahami.id

Istana Buckingham Bahasa inggris mengumumkan Raja Charles III akan menangguhkan semua tugas publik setelah didiagnosis menderita kanker.

Langkah ini diambil karena Raja Charles III sedang menjalani perawatan. Istana Buckingham mengatakan dia akan menghabiskan tiga malam di Klinik London untuk prosedur terbaru.

“Yang Mulia hari ini memulai jadwal perawatan rutin, di mana beliau telah disarankan oleh dokter untuk menunda keterlibatan publik,” kata istana dalam sebuah pernyataan, dikutip CNNSenin (5/2).


Pernyataan tersebut melanjutkan, “Sepanjang periode ini, Yang Mulia akan terus menjalankan urusan kenegaraan dan urusan resmi seperti biasa.”

Pihak istana juga mengatakan, Raja Charles III mengucapkan terima kasih kepada tim medis atas intervensinya sehingga prosedur baru tersebut bisa dilakukan.

Selain itu, mereka menyatakan Charles akan bekerja sama selama pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

“Dia tetap positif dengan perlakuan yang diterimanya dan berharap bisa kembali menjalankan tugasnya,” lanjut pihak Istana.

Istana Buckingham sebelumnya mengumumkan bahwa Raja Charles III menderita kanker. Sumber kerajaan yang mengetahui masalah tersebut menyatakan bahwa kanker yang terdeteksi bukanlah kanker prostat.

“Yang Mulia memilih untuk membagikan diagnosisnya untuk menghindari spekulasi dan dengan harapan dapat membantu pemahaman publik bagi semua orang di seluruh dunia yang terkena kanker,” menurut pihak istana.

Menanggapi kabar dari pemerintah, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengutarakan keinginannya.

Sunak berharap Raja Charles bisa pulih sepenuhnya dalam waktu singkat.

“Saya tahu seluruh negara akan mendoakan yang terbaik untuknya,” kata PM.

Charles III menjadi Raja Inggris pada September 2022 setelah ibunya, Ratu Elizabeth, meninggal. Charles kemudian dinobatkan sebagai raja pada Mei 2023.

(isa/rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);