Profil Tamirlan Kozubaev, Kapten Kirgistan yang Pernah Main di Persita Tangerang – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kapten Timnas Kyrgyzstan, Tamirlan Kozubaev menjadi salah satu aktor kunci dalam mengamankan hasil imbang Oman pada laga Grup F Piala Asia 2023.

Penampilan impresif melawan Oman pada laga Grup F, Kamis (25/1/2024), membuat laga berakhir imbang 1-1.

Oman memang unggul lebih dulu di babak pertama lewat gol Muhsen Al-Ghassani, namun Kyrgyzstan berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Joel Kojo pada menit ke-80.

Meski diserang sepanjang laga, pertahanan Kyrgyzstan yang dipimpin Tamirlan Kozubaev mampu membendung serangan Oman.

Menariknya, Kozubaev tampak bermain di Liga 1 bersama Persita Tangerang. Lantas, bagaimana kariernya?

Profil Tamirlan Kozubaev

Sosok bernama lengkap Tamirlan Omuraliyevich Kozubaev ini lahir di kota Bishkek, Kyrgyzstan, pada 1 Juli 1994.

Karirnya dimulai pada tahun 2012 saat ia bergabung dengan klub kampung halamannya, Dordoi Bishkek. Namun, ia langsung berangkat ke Ala-Too Naryn pada tahun 2013.

Kozubaev kemudian memutuskan hengkang ke luar negeri pada tahun 2014 dengan bergabung dengan klub asal Lithuania, Siauliai. Ia kembali ke Kyrgyzstan untuk membela Alga Bishkek, sebelum bermigrasi lagi ke Klaipedos Granitas (Lithuania) dan Jagodina (Serbia).

Masa-masa Kozubaev di luar negeri tidaklah mudah dan sulit mendapatkan menit bermain hingga ia kembali ke Dorodi Bishkek. Ia kemudian bergabung dengan Selangor hingga bergabung dengan Persita Tangerang pada tahun 2020.

Namun sayangnya Kozubaev hanya menjalani beberapa pertandingan saat itu. Sebab seperti diketahui BRI Liga 1 2020 terpaksa terhenti akibat pandemi COVID-19.

Selepas Persita, Kozubaev bermain untuk klub Rusia, Shinnik Yaroslavl, kemudian untuk FC Turan, hingga akhirnya bergabung dengan klub Hong Kong, Eastern SC.

Karirnya bersama timnas Kyrgyzstan sendiri dimulai pada tahun 2015. Hingga saat ini, Tamirlan Kozubaev sudah tampil sebanyak 50 kali dengan catatan 2 gol.

Kontributor: Aditia Rizki