Profil Stefan Ortega, Kiper Pelapis yang Antar Manchester City Juara Piala FA – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Kesuksesan Manchester City menjuarai FA Cup 2022/2023 tak lepas dari performa gemilang kiper cadangan Ederson Moraes, Stefan Ortega.

Stefan Ortega sebenarnya bisa dikatakan sebagai ‘kiper biasa-biasa saja’ asal Jerman yang sudah tidak muda lagi, namun berhasil mendapatkan kepercayaan dari Manchester City.

Stefan Ortega akan berusia 31 tahun pada 6 November mendatang, saat ia direkrut Manchester City dari Arminia Bielefeld setelah dicoret dari kompetisi Jerman musim lalu.

Dia dalam status cadangan untuk Ederson Moraes, setelah Zack Steffen bergabung dengan Middlesbrough dengan status pinjaman dari Manchester City pada jendela transfer musim panas 2022.

“Ini langkah yang bagus untuk saya,” kata Stefan Ortega.

“Manchester City adalah tim yang luar biasa, skuad dengan kualitas kelas dunia di setiap area. Diberikan kesempatan untuk bergabung dengan grup pemain ini sungguh luar biasa.”

“Membantu kesuksesan klub yang berkelanjutan adalah impian saya.” katanya suatu ketika.

Fakta menarik tentang Stefan Ortega, ia merupakan kiper kelahiran Jerman namun sempat bermain untuk timnas Jerman dan Spanyol. Ini karena orang tua Ortega lahir di Spanyol.

Sejauh ini, Ortega belum menorehkan kiprahnya di timnas senior di level internasional.

Kiper ini memulai karirnya di H. Kassel pada tahun 2007. Sebelum bergabung dengan Arminia Bielefeld pada tahun 2009, ia juga pernah bergabung dengan 1860 Munich dan kembali ke Arminia pada tahun 2017.

Bergabung dengan Manchester City setelah tak mau memperpanjang kontrak usai terdegradasi ke Liga 2 Jerman, Ortega membuktikan kualitasnya.

Hal itu terjadi pada final Piala FA 2023 melawan Manchester United akhir pekan lalu, di mana ia berhasil mengantarkan The Citizens meraih gelar juara.

Ortega berhasil menjaga clean sheet Manchester City, setidaknya hingga menit ke-33 sebelum gawangnya dibobol Bruno Fernandes, dan itu pun lewat tendangan penalti.

Gol ini menjadi satu-satunya gol yang tercipta untuk Manchester United, sedangkan Manchester City berhasil mencetak dua gol ke gawang David De Gea.

Ortega memastikan timnya tak kebobolan gol lagi setelah itu. Skor akhir 2-1 menutup pertandingan dan Manchester City menjadi juara Piala FA 2022/2023.

Dari 5 percobaan tepat sasaran, Ortega mampu menyelamatkan empat di antaranya dan hanya melewatkan satu lewat tendangan penalti Bruno Fernandes.

Berikut profil singkat Stefan Ortega:

Nama Lengkap: Stefan Ortega Moreno
Tanggal lahir / Umur: 6 Nov 1992 (30)
Tempat lahir: Jerman, Hofgeismar
Kebangsaan: Jerman/Spanyol
Tinggi: 1,85 m
Posisi: Kiper
Mantan pemain internasional: Jerman Jerman U19
Jumlah penampilan / Gol: 0 / 0

Karier klub

2007 (H. Kassel Sayang – Bielefeld U-17)
2009 (U-17 Bielefeld – U-19 Bielefeld)
2011 (Bielefeld B-19 – Arm. Bielefeld)
2014 (Arm. Bielefeld – 1860 Munich)
2017 (1860 Munich – Lengan. Bielefeld)
2022 (Arm. Bielfeld – Man City)