Profil Songchai Thongcham, Bek Thailand yang Blunder hingga Irfan Jauhari Sukses Cetak Gol – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Bek timnas U-22 Thailand, Songchai Thongcham, pantas disebut sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas kekalahan timnya akibat kesalahan fatal di final sepakbola Kamboja SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023). .

Kesalahan fatal Songchai Thongcham akhirnya berdampak pada kebangkitan Timnas U-22 Indonesia lewat gol cepat Irfan Jauhari di awal perpanjangan waktu.

Momen kesalahan yang dilakukan Songchai Thongcham dimulai pada menit ke-92. Kesalahannya dalam mengontrol bola justru membuat Irfan Jauhari mampu mencurinya.

Striker Persis Solo ini langsung menggiring bola ke kotak penalti Thailand. Saat berhadapan dengan kiper lawan, Jauhari dengan tenang membelokkan bola melewati hadangan tersebut.

Bola akhirnya melaju kencang ke gawang Thailand. Gol ketiga ini menandai awal kebangkitan Timnas U-22 Indonesia yang kebobolan satu gol di menit terakhir.

Setelah pertandingan berakhir, Songchai Thongcham meminta maaf kepada fans Thailand. Ia merasa dirinya adalah sosok yang paling bertanggung jawab atas kekalahan yang memalukan ini.

“Maaf untuk semua orang. Saya bermain sangat buruk hari ini dan meminta maaf kepada rekan setim saya dan juga staf pelatih,” kata Songchai di halaman Facebook-nya.

Profil Songchai Thongcham

Sebelum menjadi penyebab kekalahan timnya di final, Songchai Thongcam sebenarnya adalah salah satu bek tengah andalan Timnas U-22 Thailand sepanjang SEA Games 2023.

Sebab, sejak laga pertama di babak penyisihan grup hingga semifinal, Songchai Thongcham selalu mendapat kesempatan bermain dari pelatih Issara Sritaro di SEA Games 2023.

Tercatat sebanyak lima kali dan empat di antaranya selalu tampil penuh 2 x 45 menit. Ini rekor yang harus diwaspadai Timnas B-22 Indonesia.

Pemain kelahiran Chonburi, Thailand pada 9 Juni 2001 itu juga mencatatkan menit permainan cukup banyak di kompetisi kasta tertinggi itu meski baru berusia 21 tahun.

Pasalnya, pada musim 2022/2023, Songchai Thongcham sudah bermain sebanyak 25 kali di semua kompetisi, baik itu Liga Thailand, Piala Liga Thailand, maupun Piala FA Thailand.

Catatan penampilannya juga cukup menarik. Pasalnya, pemain bertinggi 184 cm ini bisa memainkan beberapa peran berbeda. Selain tampil sebagai bek tengah, ia juga bisa diplot sebagai bek sayap kanan.

Sayangnya, kiprah mengesankan Songchai Thongcham yang menampilkan permainan spesial bersama timnas U-22 Thailand di SEA Games 2023 gagal berlanjut saat menghadapi timnas U-22 Indonesia.

Sebelumnya, ia membantu timnya mencatatkan jumlah minimal kebobolan. Dari lima pertandingan, Thailand hanya kebobolan tiga kali. Itu semua berasal dari permainan awal.

Namun, saat menghadapi Indonesia di final, skuat asuhan Issara Sritaro justru kebobolan lima gol sehingga harus gigit jari karena gagal meraih emas SEA Games 2023.

[Muh Faiz Alfarizie]