Profil Salman Ahmad Falahi, Wasit VAR di Laga Timnas Indonesia vs Jepang – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Performa wasit VAR (Video Assistant Replay) pada laga Timnas Indonesia vs Jepang, Salman Ahmad Falahi patut mendapat perhatian.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/2024) malam WIB, Jepang menang dengan skor 3-1.

Tiga gol Samurai Biru tercipta dari dua gol Ayase Ueda dan satu gol bunuh diri Justin Hubner. Sementara jawaban Garuda dicetak Sandy Walsh.

Beberapa keputusan wasit dan ofisial VAR pada laga tersebut menyita perhatian. Salah satunya adalah keputusan memberi Jepang penalti di awal babak pertama.

Awalnya Jordi Amat terlibat perebutan bola dengan Ueda, penyerang Feyenoord itu akhirnya terjatuh di kotak penalti dan wasit meniup peluit tanda pelanggaran.

Wasit tak langsung menunjukkan titik penalti, ia berkonsultasi dengan petugas VAR—salah satunya Salman Ahmad Falahi—bahkan menyaksikan tayangan ulangnya.

Tak lama kemudian, wasit Khamis Mohammed tetap memutuskan pelanggaran terhadap Jordi Amat dan penalti untuk Jepang yang dikonversi menjadi gol oleh Ayase Ueda sendiri.

Fakta menariknya, ini bukan kali pertama Salman Ahmad Falahi menjadi ofisial VAR pada laga timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Sebelumnya, Salman Ahmad Falahi juga menjadi wasit VAR saat Timnas Indonesia menghadapi Irak pada laga pertama Grup D.

Pada laga ini, Irak unggul lewat tendangan cepat Mohanad Ali pada menit ke-17. Timnas Indonesia menyamakan kedudukan lewat tembakan jarak dekat Marcelino Ferdinand pada menit ke-37.

Irak mampu unggul di penghujung babak pertama setelah Osama Rashid mencetak gol pada menit ke-45+7. Namun gol tersebut menjadi perbincangan karena dianggap offside.

Wasit juga sempat berkoordinasi dengan ofisial VAR pada laga ini, yakni Salman Ahmad Falahi dari Qatar dan Sivakorn Pu-Udom dari Thailand.

Meskipun terdapat potensi offside dalam tayangan ulang, ofisial VAR dan wasit sepakat untuk menganulir gol kedua Irak.

Profil Salman Ahmad Falahi

Salman Ahmad Falahi merupakan wasit asal Qatar kelahiran 5 Februari 1990. Di usianya yang ke-33, ia sudah menjadi wasit dengan pengalaman luas di tingkat internasional.

Dia memulai karirnya sebagai wasit 10 tahun lalu. Ia mengawali kariernya dengan menjadi wasit di Liga Qatar, di tahun yang sama ia memimpin Liga Champions Asia, Kualifikasi Piala Asia U-23, dan Kualifikasi Piala Dunia.

Selain memimpin pertandingan di kompetisi domestik negaranya, Salman Ahmad Falahi juga pernah diundang menjadi wasit di liga luar negeri seperti Liga Swiss, SEA Games, dan Saudi Pro League.

Salman Ahmad Falahi juga menjadi salah satu wasit yang bertugas di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Ia menjadi wasit pertandingan perempat final antara Kolombia U-20 vs Italia U-20.

Di Piala Asia 2023 sendiri, Salman Ahmad Falahi hanya satu kali menjabat sebagai wasit utama saat Jordan menghadapi Korea Selatan.

Lebih lanjut, ia sudah tiga kali menjadi ofisial VAR, dua di antaranya untuk timnas Indonesia dan satu lagi saat Uzbekistan melawan Suriah.

Kontributor: Aditia Rizki