Profil Jairo Riedewald, Gelandang Crystal Palace yang Disebut Berminat Bela Timnas Indonesia – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Berikut profil Jairo Riedewald, gelandang klub Liga Inggris, Crystal Palace, yang disebut-sebut tertarik memperkuat timnas Indonesia.

Kabar bersedia naturalisasi pemain keturunan ini salah satunya muncul dalam unggahan akun Instagram @/playerketurunan.

Dalam salah satu unggahannya, akun Instagram tersebut menampilkan tangkapan layar percakapan mereka dengan Jairo Riedewald terkait kemungkinan membela timnas Indonesia.

Baca juga: Diserang Thailand dan Uzbekistan, Kadek Arel Minta Timnas U-20 Indonesia Berbenah Jelang Piala AFF

“Apakah Anda pernah dihubungi PSSI?” tanya akun.

“Itu selalu mungkin. Waktu akan menjawabnya,” jawab Jairo Riedewald.

Jairo merupakan pemain kelahiran Belanda yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Pemain berusia 27 tahun itu telah bermain untuk Crystal Palace sejak 2017.

Jika benar-benar bersedia membela Timnas Indonesia, kehadiran Jairo akan memperkuat posisi gelandang Garuda yang juga tengah menunggu selesainya proses naturalisasi Thom Haye (SC Heerenveen).

Sesuai aturan FIFA, PSSI masih bisa menaturalisasi Jairo meski sang pemain sudah pernah tampil di timnas senior Belanda.

Pasalnya, sang gelandang baru tampil tiga kali untuk Oranje, terakhir kali bermain pada tahun 2015.

Sesuai aturan, seorang pemain masih bisa bermain untuk negara lain jika tidak memiliki lebih dari tiga caps dan tidak dipanggil ke timnas senior negara sebelumnya selama tiga tahun.

Profil dan Biodata Jairo Riedewald

Pemain Crystal Palace Jairo Riedewald menyukai makanan pedas Indonesia. (Mike Hewitt/KOLAM RENANG/AFP)

Jairo Jocqulm Riedewald lahir pada tanggal 9 September 1996 di Haarlem, Belanda.

Ia memiliki keturunan yang beragam, ayahnya berasal dari Suriname dan ibunya memiliki keturunan Belanda dan Indonesia, terutama dari Ambon.

Karir sepak bola Jairo Riedewald dimulai saat ia bergabung dengan akademi SV Overbos.

Pada usia 11 tahun, ia pindah ke akademi Ajax, klub terkemuka di Belanda. Pada bulan Mac 2013, Riedewald menandatangani kontrak profesional dengan Ajax.

Baca juga: Potensi Pratama Arhan Jadi Fokus Mantan Pelatih Ahli Lemparan Liverpool itu

Debut profesionalnya bersama tim senior Ajax terjadi pada musim 2013/2014, dan ia membantu Ajax meraih gelar Eredivisie.

Selain bermain di level senior, Riedewald juga berkontribusi di tim Jong Ajax dan di kompetisi pemuda seperti UEFA Youth League.

Pada Juli 2017, Riedewald pindah ke Liga Inggris setelah bergabung dengan Crystal Palace dengan biaya transfer sekitar 9 juta euro.

Musim terbaiknya bersama Crystal Palace adalah pada musim 2020/2021, dimana ia mencatatkan 34 penampilan dan mencetak 2 gol.

Di kancah internasional, Riedewald telah mewakili timnas Belanda di berbagai level, mulai dari U-15 hingga debutnya bersama timnas senior pada September 2015. Penampilan perdananya terjadi pada usia 18 tahun 11 bulan 28 hari.