Profil Ellie Carpenter, Pesepakbola Putri yang Sanggup Saingi Lemparan Jauh Pratama Arhan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Aksi lempar jarak jauh yang kerap dilakukan bintang timnas Indonesia, Pratama Arhan, terjadi pada Piala Dunia Wanita 2023. Pesepakbola putri yang melakukan aksi tersebut adalah Ellie Carpenter.

Ellie Carpenter adalah bek utama Timnas Wanita Australia di Piala Dunia Wanita 2023. Dia melakukan lemparan jauh seperti Pratama Arhan di turnamen ini.

Dalam hitungan detik, Ellie Carpenter melakukan aksinya bersama Tim Nasional Wanita Australia dan menarik perhatian juru kamera untuk siaran langsung pertandingan Piala Dunia Wanita 2023.

Namun, yang membedakannya dengan Pratama Arhan adalah Ellie hanya menggunakan jerseynya untuk mengelap bola saat ingin melakukan lemparan jarak jauh. Sementara Arhan biasanya menyiapkan handuk kecil di sampingnya.

Aksi lempar ini bisa disaksikan saat Ellie Carpenter tampil pada pertandingan antara Australia melawan Republik Irlandia. Lemparannya menjadi salah satu senjata timnya untuk menciptakan peluang.

Profil Ellie Carpenter

Ellie Carpenter adalah pemain sepak bola Australia yang berposisi sebagai bek. Tercatat ia lahir di New South Wales, Australia, pada 28 April 2000. Pemain ini masih muda dengan usia 23 tahun.

Sebagai seorang anak, Ellie dibesarkan di Cowra, sebuah kawasan yang terletak 400 km sebelah barat Kota Sydney. Ia harus menempuh perjalanan jauh untuk bisa bermain sepak bola di Young, Canberra dan Sydney.
Akhirnya, keluarganya memutuskan untuk pindah ke Sydney saat Ellie berusia 12 tahun, agar dia bisa belajar di Sekolah Menengah Olahraga Westfields untuk mengembangkan bakat sepak bolanya.

Klub senior pertama yang menggunakan jasanya adalah Western Sydney Wanderers. Dia telah bermain di sana sejak dia berusia 15 tahun. Setelah bermain selama dua musim, Ellie hengkang pada 2017.

Ia menuju klub W League, Canberra United, pada Agustus 2017. Bersama klub ini, bakatnya terus diasah dan menjadi andalan. Kiprah itulah yang membawa kariernya ke Amerika Serikat.

Saat itu, Portland Thorns tertarik untuk merekrutnya. Ellie Carpenter juga menjadi pemain termuda dalam sejarah NWSL ketika dia melakukan debutnya di Portland Thorns pada 9 Mei 2018.

Ia sempat dipinjamkan ke Melbourne City (2019-2020), sebelum akhirnya direkrut raksasa Prancis Lyon pada 2020. Ellie menjadi bagian timnas Australia U-17 sejak berusia 14 tahun.

Kini, ia menjadi tulang punggung Timnas Wanita Australia setelah melakoni debutnya pada 2016 silam.

[Muh Faiz Alfarizie]