Profil dan Prestasi Thom Haye, Gelandang Tokcer Eredivisie Berdarah Indonesia, Bakal Dinaturalisasi – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Sosok Thom Haye menarik perhatian pecinta sepak bola tanah air. Pasalnya, pemain keturunan Indonesia ini telah menorehkan berbagai prestasi di kancah sepak bola Eropa. Bagi yang menyukai sosoknya, berikut profil dan prestasi Thom Haye.

Maklum, Thom Haye merupakan pesepakbola keturunan Indonesia yang bisa dikatakan masuk dalam kategori Grade A. Meski begitu, saat bermain sepak bola ia memberikan performa yang konsisten di liga kontinental Eropa.

Thom Haye diharapkan bisa dinaturalisasi agar bisa membela timnas Indonesia. Namanya pun masuk radar incaran PSSI dalam program naturalisasi pemain.

Saat ini, ia tercatat bergabung dengan klub Liga Eredivisie Belanda, SC Heerenveen. Ia bergabung dengan klub tersebut sejak Januari 2022. Nah, bagi yang penasaran dan penasaran dengan sosoknya, berikut profil dan prestasi Thom Haye.

Profil Thom Haye

Thom Haye atau bernama lengkap Thom Jan Marinus Haye merupakan pemain sepak bola kelahiran 9 Februari 1995 di Amsterdam, Belanda.

Gelandang bertahan SC Heerenveen ini memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya. Kakeknya berasal dari Solo (Jawa Tengah) dan neneknya berasal dari Sulawesi Utara (Sulut).

Haye memulai karirnya sebagai pesepakbola dengan belajar di akademi AFC hingga tahun 2006. Kemudian ia pindah ke akademi AZ Alkmaar hingga tahun 2012. Bersama AZ Alkmaar U-21. Ia berhasil bermain dalam 20 pertandingan dengan mencetak 5 gol dan 3 assist.

Prestasi Thom Haye

Pada 2014-2015, Haye bergabung dengan tim senior AZ Alkmaar. Sepanjang 73 penampilannya bersama tim, Haye berhasil mencetak 2 gol dan 5 assist. Kemudian pada 2016-2017, Haye bergabung dengan Willem II.

Bersama Willem II, Haye memimpin timnya ke semifinal Piala Belanda. Pada tahun 2018, Haye bermain di Lecce, Italia. Pada 2019-2020, Haye juga bergabung dengan ADO Den Haag dan NAC Breda. Pada 2021-2022, Haye kemudian bergabung dengan Heerenveen.

Selama membela Heerenveen, pemain keturunan Belanda-Indonesia bernomor punggung 33 itu sudah bermain dalam 62 pertandingan dan mencetak rekor dengan mencetak 3 gol dan 10 assist. Selain itu, Haye juga berhasil membawa klubnya menduduki peringkat 9 klasemen Liga Belanda 2023-2024.

Demikian ulasan mengenai profil dan prestasi Thom Haye, pemain Belanda-Indonesia yang mencuri perhatian netizen.

Kontributor: Ulil Azmi