Persija dan PSM Makassar Tahan Pemain ke Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Ogah Ambil Pusing – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong tak mau ambil pusing memikirkan pemain yang masih ditahan klubnya masing-masing sehingga belum mengikuti Training Camp (TC). Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan akan memanfaatkan pemain yang ada.

Timnas Indonesia U-23 sudah mulai menggelar training camp (TC) di Jakarta, Kamis (10/8/2023) sebagai persiapan Piala AFF U-23 2023. Dari 23 pemain yang dipanggil, baru ada 17 bergabung di hari pertama.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (pssi.org)

Mereka yang belum bergabung adalah Rizky Ridho (Persija Jakarta), Dzaky Asraf (PSM Makassar), Beckham Putra (Persib Bandung), kadek Arel (Bali United), serta duo PSIS Semarang Alfeandra Dewangga dan Adi Satryo. Selain Ridho dan Dzaky, pemain lain telah mengkonfirmasi akan bergabung.

Shin Tae-yong menjelaskan persiapan Piala AFF U-23 2023 yang terbilang mepet dianggapnya tidak efektif. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu tak mau pusing sehingga akan memanfaatkan pemain yang ada saja.

“Seperti apa yang dilihat pastinya waktu (persiapan) tidak cukup, apalagi TC perdana tidak semua pemain datang, kami tidak tahu kapan mereka datang. Saya tidak mau stres karena pemain yang belum datang,” kata Shin Tae-yong usai memimpin latihan di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Shin Tae-yong menjelaskan Piala AFF U-23 akan dijadikan sebagai persiapan menatap Kualifikasi Piala Asia U-23 pada September mendatang. Tidak tertutup kemungkinan, ia akan menjaring pemain baru.

“Persiapan ini akan fokus ke kualifikasi Piala Asia U-23 September, dengan pemain yang ada saya akan coba memaksimalkan, dan akan cari juga pemain yang baru untuk Kualifikasi Piala Asia U-23,” jelas Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong mengaku mengerti perasaan pelatih Persija dan PSM Makassar, Thomas Doll dan Bernardo Tavares mengingat kompetisi masih berlangsung.

Tidak dijelaskan apakah Shin Tae-yong menerima andai ada klub yang menahan pemainnya. Namun, ia tahu tidak ada kewajiban klub melepas pemain untuk Piala AFF U-23 2023.

“Memang dari klub tidak wajib untuk melepas pemain karena ini Piala AFF, dan apalagi di BRI Liga 1 ada yang tidak dilepas,” ucap Shin Tae-yong.