Persebaya Kantongi Taktik Demi Bungkam Persija di GBT – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih sementara Persebaya Surabaya, Uston Nawawi menegaskan kesiapan timnya jelang menghadapi Persija Jakarta pada laga pekan ke-22 BRI Liga 1 2023-2024.

Uston Nawawi menjelaskan Persebaya Surabaya sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Mereka punya strategi dalam misinya membungkam Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (12/9/2023).

Persiapan tim melawan Persija lancar. Masih ada latihan resmi, sejauh ini sudah dipersiapkan, kata Uston Nawawi dalam jumpa pers di Surabaya, Jumat (8/12/2023).

Uston menyadari pentingnya laga melawan Persija atau dikenal dengan El Clasico, dan menegaskan bahwa para pemain dan pelatih sudah siap untuk laga tersebut.

Tentu ini pertandingan yang ditunggu-tunggu semua orang, laga El Clasico antara Persebaya dan Persija, kata Uston.

“Para pemain dan pelatih sudah siap,” ujarnya sambil menambahkan bahwa persiapan tim sudah dilakukan selama seminggu.

Pelatih asal Spanyol Josep Gombau (kanan) bersama carter coach Persebaya Surabaya Uston Nawawi (kedua kanan) memantau latihan para pemain di Stadion Gelora pada 10 November di Surabaya, Kamis (14/9/2023) sore. ANTARA/Rizal Hanafi

Pelatih yang juga mantan pemain Persebaya ini mengakui Persija merupakan tim yang berkualitas, sebanding dengan semua klub di Liga 1 Indonesia. Meski begitu, ia optimistis timnya sudah melakukan persiapan dengan baik.

“Seperti yang sering saya katakan, semua peserta, 18 tim ini, semuanya setara, baik di tim atas maupun bawah,” kata Uston.

Tentu saja kami siap, kita lihat saja di pertandingan besok. Mudah-mudahan bisa meraih tiga poin.

Uston belum berkomentar mengenai komposisi pemainnya termasuk pemain baru Oktafianus Fernando yang baru direkrut pada 27 November. Ia menyatakan keputusan itu akan diambil setelah sesi latihan resmi.

“Kami bilang nanti akan melihat situasi terkini, karena ada latihan resmi juga,” kata pelatih asal Sidoarjo itu.

Dalam kesempatan yang sama, pemain Persebaya, Kasim Botan, menyatakan seluruh tim sudah siap menghadapi Persija. Botan menekankan kesiapan mental dan fisik serta berkomitmen meraih tiga poin.

“Kami semua pemain besok sudah siap, mental dan fisik, taktik dari pelatih juga. Besok kami siap bekerja dan siap mengamankan tiga poin,” ujarnya.

Pemain asal Adonara ini pun rela bermain di posisi baru yang ditentukan pelatih, menunjukkan keterbukaan dan kemauan memberikan kontribusi terbaik untuk tim.

“Insyaallah kalau misalnya di mana pelatih ingin menempatkan saya, saya siap memberikan yang terbaik untuk tim. Untuk posisi baru saya, saya akan lebih fokus bertahan, karena kita lihat sekarang sayap lawan cepat, jadi Pelatih Uston menarik saya ke sisi pertahanan untuk mengantisipasi lawan yang cepat,” ujar pemain kelahiran April 1997 itu.

Ia berharap para pemain Persebaya bisa memanfaatkan statistik buruk dari beberapa pertandingan Persija.

“Persija sudah lama tidak meraih kemenangan. Jadi besok ada peluang mengumpulkan poin di sini,” ujarnya.

Saat ini, menurut data PT Liga Indonesia Baru (LIB), di klasemen Liga 1, Persebaya berada di peringkat 14 dengan 23 poin dari 19 pertandingan. Sementara Persija berada di posisi baru dengan total 28 poin dari 21 pertandingan.