Perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Berakhir, Asisten Shin Tae-yong Beri Pesan Menyentuh – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Perjuangan timnas Indonesia di Piala Asia 2023 berakhir menyusul kekalahannya dari Australia di babak 16 besar. Asisten pelatih skuad Garuda, Nova Arianto, mengungkapkan kesan tersendiri terhadap perjalanan tim di Qatar.

Nova Arianto membeberkan banyak cerita yang didapat Timnas Indonesia sejak pertama kali berkumpul untuk bertarung di Piala Asia 2023. Pengalaman berharga tersebut tentunya akan sangat berguna bagi para pemain khususnya di masa depan.

Apalagi Timnas Indonesia berhasil mencetak sejarah setelah lolos ke babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya. Sepanjang perjalanannya menuju Piala Asia Qatar 2023, tim Merah Putih menghadapi tantangan berat.

BACA JUGA: Hasil BRI Liga 1: Taisei Marukawa Bobol Gol Sebelumnya, Persebaya dan PSIS Berbagi Poin di GBT

Mereka harus menghadapi lawan kuat yang levelnya melebihi Timnas Indonesia seperti Jepang, Australia, Irak, Vietnam dan Iran serta Libya yang diuji pada laga uji coba Cona sebelum turnamen.

Meski hanya mampu mengalahkan Vietnam dalam pertarungan melawan negara elite tersebut, Nova menilai skuad Garuda sangat luar biasa.

“Kita sudah bersama selama hampir sebulan dan dalam perjalanan ini tentunya banyak pengorbanan yang dilakukan para pemain,” kata Nova Arianto di akun Instagram pribadinya, @novarianto30, Selasa (30/1/2024).

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Namun seluruh pemain bersedia bekerja sangat keras untuk bisa memberikan yang terbaik bagi Timnas Indonesia.

“Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 bisa menjadi sejarah bagi sepak bola Indonesia. Dan suatu kehormatan melihat Timnas Indonesia bersaing dengan tim-tim besar Asia dan tim reguler di Piala Dunia.”

“Tentunya para pemain akan lebih berpengalaman dan itu akan lebih baik untuk perkembangan Timnas Indonesia.”

“Faktor pengalaman menjadi pembeda di lapangan karena jika melihat isi dan situasi pertandingan. Namun kami tidak kalah dari mereka dan selama para pemain mau berubah pikiran, kami yakin pemain Indonesia Timnas ke depan minimal bisa sejajar dengan mereka,” jelas mantan pemain Persib Bandung itu.

Nova senang Timnas Indonesia bisa mendapat kesempatan menghadapi lawan yang lebih tangguh.

BACA JUGA: Bawa Timnas Indonesia Cetak Sejarah di Piala Asia, STY Blak-blakan Akui Dapat Tawaran Menggiurkan Latih Negara Lain

Selain itu, Asnawi Mangkualam cs juga menjajal kehebatan juara Piala Dunia 2022, Argentina, di FIFA Match Day tahun lalu.

Terima kasih PSSI dan bersyukur Timnas Indonesia kini bisa bermain melawan Argentina, Jepang, Iran, Irak, Australia yang levelnya jauh di atas kita. Tentu membantu meningkatkan level sepakbola Indonesia, kata Nova.

Terima kasih para pemain, staf pelatih, dan ofisial. Terima kasih sudah berusaha semaksimal mungkin untuk Timnas Indonesia. Sampai jumpa di ajang selanjutnya dengan cerita berbeda, pungkas ‘tangan kanan’ Shin Tae-yong itu.