Perjalanan Spanyol ke final Euro 2024

by

Spanyol berada di jalur yang tepat untuk merebut gelar Kejuaraan Eropa keempat.

Perjalanan mereka melalui turnamen ini ditandai oleh perpaduan kuat antara bakat menyerang dan ketangguhan bertahan.

Beginilah cara La Roja mencapai Piala Eropa 2024 terakhir.

Grup B

Fabian Ruiz

Ruiz mencetak gol dalam pertandingan Spanyol melawan Kroasia / Dan Mullan/GettyImages

Luis de la Fuente dan anak buahnya tiba di Jerman dengan penuh percaya diri setelah memperoleh beberapa kemenangan meyakinkan pra-turnamen dari Maret hingga Juni.

Spanyol mengawali Euro 2024 dengan sempurna lewat gol-gol dari Alvaro Morata, Fabian Ruiz, dan Dani Carvajal kemenangan impresif 3-0 atas Kroasia.

Selanjutnya, La Roja mengamankan kemenangan melawan Italiadengan gol bunuh diri Riccardo Calafiori menjadi momen penentu. Hasil ini membuat Gianluigi Donnarumma frustrasi, yang telah melakukan beberapa penyelamatan gemilang selama 90 menit.

Akhirnya, Spanyol mengalahkan Albania – untuk meraih tiga kemenangan dari tiga pertandingan dan memuncaki Grup B – dengan Ferran Torres mencetak gol klinis pertama kali.

Tanggal

Fitting

Tanggal 15/06/2024

Spanyol 3-0 Kroasia

Tanggal 20/06/2024

Spanyol 1-0 Italia

Tanggal 24/06/2024

Albania 0-1 Spanyol

Pos

Tim

Dimainkan

GD

Poin

1.

Spanyol

3

5

9

2.

Italia

3

angka 0

4

3.

Kroasia

3

-3

2

4.

Albania

3

-2

1

Babak 16 besar

Rodri

Rodri membawa La Roja menyamakan kedudukan saat melawan Georgia / Stu Forster/GettyImages

Tim tangguh Georgia menanti Spanyol di babak 16 besar Kejuaraan Eropa musim panas ini dan, meski tertinggal satu gol, La Roja berusaha keras untuk mengamankan kemenangan. kemenangan yang meyakinkan.

Bek tengah asal Spanyol Robin Le Normand adalah pemain yang membawa Georgia unggul, secara tidak sengaja mengalihkan bola ke gawangnya sendiri setelah umpan silang keras.

Skor imbang 1-1 sesaat sebelum turun minum ketika Rodri melepaskan tendangan dari tepi kotak penalti dan, setelah upaya berani Khvicha Kvaratskhelia dari dekat garis tengah, Fabian Ruiz menyundul bola untuk membawa Spanyol unggul enam menit setelah babak kedua dimulai.

Nico Williams mencetak gol ketiga dan Dani Olmo dengan sempurna mencetak gol keempat untuk mengamankan kemenangan keempat La Roja di Euro 2024.

Tanggal

Fitting

Tanggal 30 Juni 2024

Spanyol 4-1 Georgia

Perempat final

Dani Olmo, Alvaro Morata

Olmo telah menjadi salah satu pemain terbaik Spanyol musim panas ini / Alex Livesey/GettyImages

Spanyol berhadapan dengan tuan rumah Jerman di babak perempat final dan membutuhkan waktu tambahan untuk muncul sebagai pemenang.

Setelah Stuttgart bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Dani Olmo membawa bola melewati garis gawang enam menit setelah babak kedua dimulai, gelandang tersebut mencetak gol dari jarak 18 yard setelah menerima umpan sempurna dari Lamine Yamal.

Akan tetapi, Jerman tidak menyerah begitu saja. Niclas Fullkrug kemudian terbukti menjadi ancaman bagi pasukan Luis de la Fuente.

Dan akhirnya, tekanan mereka membuahkan hasil ketika tendangan voli setengah Florian Wirtz menghantam bagian dalam tiang jauh dan membawa pertandingan ke perpanjangan waktu.

Wirtz dan Mikel Oyarzabal sama-sama melepaskan tembakan yang membentur tiang gawang pada babak pertama dari tambahan waktu 30 menit sebelum Jerman memohon penalti, namun wasit Anthony Taylor tidak tertarik kali ini.

Pertandingan ini tampaknya akan berakhir dengan adu penalti, namun umpan silang dari Olmo menghampiri Mikel Merino yang tidak terkawal di kotak penalti, dan sundulannya membuat Manuel Neuer harus menyundul kepalanya ke tangannya.

Tanggal

Fitting

Tanggal 07/05/2024

Spanyol 2-1 Jerman

Semifinal

Lamin Yamal

Yamal mengukir sejarah dalam pertemuan Spanyol dengan Prancis / Jonathan Moscrop/GettyImages

Lamine Yamal mengukir namanya dalam buku sejarah sebagai pencetak gol termuda di Kejuaraan Eropa, membawa Spanyol ke final Euro 2024 dan menghancurkan impian Prancis.

Setelah sundulan Randal Kolo Muani – dibantu oleh Kylian Mbappe – Yamal (16 tahun dan 362 hari) mengejutkan penonton dengan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti.

Golnya terjadi pada menit ke-21, dan timnya unggul hanya empat menit kemudian ketika tembakan Dani Olmo berhasil ditepis oleh bek Prancis Jules Kounde.

Mungkin bersemangat setelah mendengar pembicaraan tim Didier Deschamps, Les Bleus tampil dengan sikap yang lebih baik di babak kedua. Sundulan Aurelien Tchouameni pertama kali berhasil ditepis sebelum tendangan liar Mbappe digagalkan. Mbappe kemudian memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan tetapi tendangannya melambung tinggi di atas mistar gawang, yang membuat Unai Simon lega.

Meski Spanyol tampil memukau sebagai tim paling menyerang di turnamen tersebut, pertandingan ini memperlihatkan ketangguhan bertahan mereka, membuktikan bahwa mereka memiliki ketahanan untuk melengkapi bakat mereka.

Tanggal

Fitting

Tanggal 07/09/2024

Spanyol 2-1 Prancis

BACA BERITA, PRATINJAU & RATING PEMAIN EURO 2024 TERBARU