Perjalanan Inggris ke final Euro 2024

by

Entah Anda menyukainya atau membencinya, Gareth Southgate telah membawa Inggris ke final Kejuaraan Eropa lainnya, memamerkan ketajaman taktisnya dengan perubahan dan modifikasi yang terinspirasi sepanjang turnamen.

Kemampuannya untuk menanamkan rasa percaya diri dalam skuad terbukti dari kemampuan mereka mengatasi kemunduran dan memberikan hasil saat dibutuhkan.

Berikut adalah cara Three Lions mencapai Piala Eropa 2024 terakhir.

Grup C

Jude Bellingham, Harry Kane, Milos Veljkovic, Andrija Zivkovic

Bellingham mencetak gol pertama Inggris di Euro 2024 / Jonathan Moscrop/GettyImages

Inggris memasuki Euro 2024 setelah kekalahan 1-0 dari Islandia di Wembley, menimbulkan bayangan ketakutan dan ketidakpastian atas prospek tim.

Meski demikian, mereka mengawali Grup C dengan catatan positif, mengamankan kemenangan 1-0 atas Serbia berkat sundulan kuat dari bintang utama Jude Bellingham.

Selanjutnya, Three Lions – agak menyedihkan – seri 1-1 dengan Denmark. Harry Kane menjadi pencetak gol pertama dalam bentrokan ini, dengan menggeser bola melewati garis gawang dari dalam kotak penalti, sebelum Morten Hjulmand melesakkan gol yang membentur tiang gawang.

Meski pertandingan itu jauh dari menarik, poin yang diperoleh berarti pasukan Gareth Southgate memasuki putaran terakhir pertandingan dengan pengetahuan bahwa kemenangan atas Slovenia akan menobatkan mereka sebagai juara grup.

Banyak penggemar yang merasa frustrasi karena Inggris berusaha keras untuk hasil imbang 0-0 dengan Slovenia di Cologne tetapi masih cukup untuk memenangkan grup karena hasil imbang Denmark dengan Serbia.

Terus melaju dengan kemenangan telak.

Tanggal

Fitting

Tanggal 16/06/2024

Serbia 0-1 Inggris

Tanggal 20/06/2024

Dernmark 1-1 Inggris

Tanggal 25/06/2024

Inggris 0-0 Slovenia

Pos

Tim

Dimainkan

GD

Poin

1.

Inggris

3

1

5

2.

Denmark

3

angka 0

3

3.

Slovenia

3

angka 0

3

4.

Serbia

3

-1

2

Babak 16 besar

Harry Kane

Kane mencetak gol kemenangan di perpanjangan waktu / Jonathan Moscrop/GettyImages

Meski berada di pihak yang seharusnya ‘lebih mudah’ dalam undian babak sistem gugur, Inggris mengalami malam yang sulit melawan Slovakia.

Ivan Schranz membuat Three Lions tertekan di awal pertandingan saat ia menendang bola melewati Jordan Pickford dan masuk ke gawang.

Sang penjaga gawang nyaris terhindar dari rasa malu lebih lanjut ketika David Strelec memergokinya keluar dari garis gawang pada babak kedua dan melepaskan tendangan bebas dari tengah lapangan.

Inggris mendapat penangguhan hukuman oleh kegagalan pemain berusia 23 tahun itu, dan Bellingham memanfaatkannya dengan penuh semangat, menyamakan kedudukan untuk timnya melalui tendangan akrobatik yang hebat pada menit terakhir tambahan waktu.

Di waktu tambahan, Harry Kane dengan cepat membawa Three Lions unggul lewat sundulannya yang akhirnya memastikan kemenangan.

“Kadang-kadang, segala sesuatunya berubah dalam sekejap mata,” teriak tim komentator ITV Sport.

Tanggal

Fitting

Tanggal 30 Juni 2024

Inggris 2-1 Slowakia

Perempat final

Trent Alexander Arnold

Alexander-Arnold tetap tenang untuk mencetak gol dari titik penalti / Richard Pelham/GettyImages

Pasukan Gareth Southgate menghadapi tantangan bangkit lainnya melawan Swiss di perempat final.

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-75 Sabtu lalu (6 Juli) dengan Breel Embolo sebagai pelakunya.

Mengembalikan keseimbangan tampak mustahil, tetapi Bukayo Saka menghasilkan momen yang sangat cemerlang untuk mencapainya, menerobos dari sisi kanan dan dengan ahli menendang bola rendah menggunakan kaki kirinya ke sudut bawah gawang untuk memaksa perpanjangan waktu.

Peluang yang tercipta sangat sedikit selama 30 menit tambahan, dengan Xherdan Shaqiri hampir mencetak gol ketika tendangan sudutnya yang dieksekusi dengan baik menghantam mistar gawang.

Dalam adu penalti, Three Lions menunjukkan ketenangan yang luar biasa. Jordan Pickford dengan tegas menggagalkan upaya Manuel Akanji, sementara Cole Palmer, Jude Bellingham, Bukayo Saka, Ivan Toney, dan Trent Alexander-Arnold semuanya mencetak gol dengan keyakinan penuh.

Tanggal

Fitting

Tanggal 07/06/2024

Inggris 1-1 Swiss (Penalti: 5-3)

Semifinal

Ollie Watkins dan Stefan de Vrij

Watkins menjadi pahlawan pada Rabu malam / Alex Livesey/GettyImages

Ada kekhawatiran yang luas tentang bagaimana Three Lions akan tampil melawan Belanda pada hari Rabu, terutama setelah serangan brilian Xavi Simons.

Namun, Inggris bangkit dan gol penyeimbang mereka datang hanya 11 menit kemudian dari titik penalti, dengan Harry Kane mendapatkan tendangan setelah menerima benturan pada kaki kanannya dari Denzel Dumfries saat ia mencoba melepaskan tembakan ke gawang.

Pada sisa babak pertama, Phil Foden dua kali hampir membawa timnya unggul, dan Dumfries sendiri melepaskan tembakan yang mengenai tiang gawang.

Setelah jeda, Inggris kembali memainkan gaya permainan yang jauh lebih lambat yang memungkinkan Belanda untuk menguasai permainan. Jordan Pickford harus waspada untuk menyelamatkan tendangan Virgil van Dijk sementara pemain pengganti Wout Weghorst menjadi masalah di dalam dan sekitar kotak penalti Three Lions.

Bukayo Saka mengira ia telah membawa timnya unggul ketika ia melepaskan bola dari jarak dekat, tetapi Kyle Walker dinilai berada dalam posisi offside.

Namun, tidak perlu ada perpanjangan waktu dalam pertandingan yang menegangkan ini. Ollie Watkins, yang masuk menggantikan Kane pada 10 menit terakhir waktu normal, dengan tegas menceploskan bola ke gawang pada menit ke-90, memicu perayaan gembira di Jerman dan sekitarnya.

Selanjutnya, Spanyol…ayo.

Tanggal

Fitting

Tanggal 07/10/2024

Belanda 1-2 Inggris

BACA BERITA, PRATINJAU & RATING PEMAIN EURO 2024 TERBARU