Peringkat pemain sebagai tuan rumah selamat dari ketakutan untuk mencapai perempat final Euro 2024

by

Jerman melaju ke perempat final Euro 2024 dengan kemenangan 2-0 melawan Denmark di Dortmund pada Sabtu malam.

Dua gol di babak kedua memastikan tuan rumah melaju ke babak delapan besar, mengambil keuntungan setelah gol Denmark sendiri secara kontroversial dianulir.

Saat pertandingan tinggal 35 menit lagi, wasit Michael Oliver menghentikan pertandingan karena badai petirnamun pertandingan dilanjutkan segera setelah hujan lebat reda.

Tim asuhan Julian Nagelsmann akan menghadapi Spanyol atau Georgia di babak berikutnya, dengan lawan potensial mereka akan bermain pada hari Minggu.

Bagaimana permainan itu berlangsung

Hanya dalam waktu empat menit, Jerman mengira mereka unggul. Nico Schlotterbeck menyundul bola hasil tendangan sudut, tetapi gol tersebut dianulir karena Joshua Kimmich dinilai telah menghalangi Andreas Skov Olsen untuk mencapai bola terlebih dahulu.

Kasper Schmeichel segera setelah itu harus turun rendah untuk menggagalkan tendangan voli cantik dari Kai Havertz saat start cepat tuan rumah berlanjut.

Peluang pertama Denmark datang saat Joachim Andersen mengirim umpan sensasional kepada Christian Eriksen. Sentuhan pertamanya sangat indah, tetapi Antonio Rudiger berhasil membloknya.

Eriksen kemudian menjadi pengumpan bagi Joakim Maehle, yang tembakannya dari sudut sempit melebar melewati tiang gawang.

Setelah permainan dilanjutkan pasca jeda akibat badai petir, Schmeichel melakukan penyelamatan naluriah yang bagus untuk menggagalkan Havertz, yang melompat tinggi untuk menyambut umpan silang jahat David Raum.

Jerman bisa saja harus membayarnya ketika Schlotterbeck direbut di kotak penaltinya sendiri oleh Rasmus Hojlund, yang berlari ke tepi lapangan sebelum melepaskan tembakan ke sisi gawang.

Peluang lain menjadi sia-sia ketika Jerman terjebak di lini depan dan melepaskan Skov Olsen melalui serangan balik. Umpannya melewati Rudiger dan meluncur ke jalur Hojlund, namun Manuel Neuer dengan cepat keluar dari garisnya untuk membelokkan pukulannya ke tempat yang aman.

Dalam waktu tiga menit setelah restart, Denmark menguasai bola. Umpan silang Pierre-Emile Hojbjerg mengalami beberapa kali defleksi sebelum jatuh ke tangan Andersen. Namun, setelah pemeriksaan VAR yang panjang, gol tersebut dianulir karena offside.

Beberapa saat kemudian, VAR merekomendasikan peninjauan kembali setelah bola membentur tangan Andersen saat mencoba mempertahankan umpan silang Raum, dan wasit Oliver menunjuk titik penalti. Havertz maju dan menemukan sudut bawah untuk membawa Jerman unggul.

Havertz seharusnya dapat mencetak gol kedua segera setelahnya ketika ia melepaskan bola dari dua bek Denmark yang mundur dengan keterampilan luar biasa dan berlari ke arah gawang, namun penyelesaiannya yang tajam masih melebar dari tiang gawang.

Di sisi lain, Hojbjerg menemukan Hojlund maju ke dalam kotak, namun tendangannya tepat mengarah ke Neuer.

Dan Denmark harus membayar pemborosan itu ketika Musiala menggandakan keunggulan Jerman dengan serangan berikutnya. Umpan cerdik Schlotterbeck di belakang pertahanan Denmark bergulir ke jalur Musiala, dan ia tidak membuat kesalahan saat berhadapan satu lawan satu dengan Schmeichel.

Pemain pengganti Florian Wirtz mengira ia telah mencetak gol ketiga pada tambahan waktu, tetapi ia terjebak dalam posisi offside dan Jerman harus puas dengan kemenangan hanya dua gol.

Kai Havertz

Jerman sudah lolos / Image Photo Agency/GettyImages

Kiper: Manuel Neuer – 6/10 – Melakukan beberapa penyelamatan penting dan keputusan cepatnya untuk keluar dari garis gawang menguntungkan tim.

RB: Joshua Kimmich – 6/10 – Sebagian besar peluang terbaik Denmark datang dari kubu Kimmich dan ia gagal mengatasi kelebihan beban mereka. Setidaknya ia rapi dalam penguasaan bola.

CB: Antonio Rudiger – 8/10 – Berusaha keras untuk memastikan clean sheet-nya tetap utuh dengan serangkaian tekel dan blok yang sangat baik. Penampilan yang luar biasa dari seseorang yang diragukan tampil karena cedera selama sebagian besar minggu.

CB: Nico Schlotterbeck – 7/10 – Sedikit mencurigakan dalam bertahan, tetapi kemahirannya dalam penguasaan bola menghasilkan gol kedua bagi Jerman. Agak kurang beruntung karena usahanya sendiri dianulir.

LB: David Raum – 7/10 – Masuk menggantikan Mittelstadt dan memanfaatkan kesempatannya untuk tampil mengesankan. Terus bergerak di sisi kiri untuk memberi dukungan kepada Musiala dan memberikan umpan silang yang menggoda.

CM: Robert Andrich – 6/10 – Terjebak dan juga berhasil melakukan umpan panjang yang aneh.

CM: Toni Kroos – 6/10 – Sedikit lebih ceroboh dari biasanya di lini tengah pada babak pertama ketika Jerman longgar dalam transisi, tetapi kembali tenang dalam perannya setelah jeda.

RW: Leroy Sane – 5/10 – Membawa bola dengan jarak yang sangat jauh tetapi sering tertangkap karena memegangnya terlalu lama.

PAGI: Ilkay Gundogan – 5/10 – Muncul dalam permainan tautan luar angkasa tetapi tidak berdampak berkelanjutan pada permainan.

LW: Jamal Musala – 8/10 – Melayang ke dalam untuk memberi Raum ruang untuk beroperasi di sayap. Dibatalkan selama beberapa waktu permainan tetapi melepaskan diri untuk mencetak gol penentu.

CF: Kai Havertz – 7/10 – Yang terbaik dan terburuk dari Havertz terlihat jelas. Mengambil penalti dengan sangat baik, menciptakan peluang untuk dirinya sendiri, menunjukkan keterampilan yang hebat, tetapi sentuhan akhir dalam permainan terbuka sering kali kurang.

Pengganti

Pemain pengganti: Emre Can (64′ untuk Andrich) – 6/10

Pemain pengganti: Niclas Fullkrug (64′ untuk Gundogan) – 6/10

Pemain pengganti: Benjamin Henrichs (80′ untuk Raum) – 6/10

Pemain pengganti: Florian Wirtz (80′ untuk Musiala) – 6/10

SUB: Waldemar Anton (88′ untuk Sane) – N/A

Cadangan tidak digunakan: Marc-Andre ter Stegen (GK), Oliver Baumann (GK), Maximilian Mittelstadt, Robin Koch, Pascal Gross, Thomas Muller, Chris Fuhrich, Maximilian Beier, Deniz Undav

Pengelola

Julian Nagelsmann – 6/10 – Jerman kembali bermain dengan intensitas nyata tetapi kelemahan pertahanan mereka akan dihukum oleh tim yang lebih baik.

Rasmus Hojlund, Andreas Skov Olsen, Christian Eriksen, Jamal Musiala

Denmark merasa kesulitan dilakukan oleh / Alex Livesey/GettyImages

Kiper: Kasper Schmeichel – 7/10 – Melakukan beberapa penyelamatan penting di babak pertama ketika Denmark berada di bawah tekanan dan membutuhkan jeda.

CB: Joachim Andersen – 6/10 – Lawan yang kurang beruntung malam itu, dengan keras menolak gol internasional pertama dan bahkan lebih kejam lagi kebobolan penalti. Jerman berusaha untuk melewatinya sepanjang malam.

CB: Jannik Vestergaard – 6/10 – Tampaknya tidak salah pada level ini, yang mungkin merupakan level tertinggi yang bisa Anda minta darinya dalam pertandingan sistem gugur melawan Jerman.

CB: Andreas Christensen – 6/10 – Berhadapan langsung dengan Havertz di babak pertama. Ditembak di akhir pertandingan saat Denmark berusaha bangkit.

RM: Alexander Bah – 5/10 – Awal yang menegangkan saat menghadapi Raum dan Musiala, tetapi lebih nyaman saat Denmark menguasai bola.

CM: Pierre-Emile Hojbjerg – 6/10 – Sumber inspirasi Denmark di lini tengah, memecah permainan dan memajukan penguasaan bola.

CM: Thomas Delaney – 4/10 – Tidak mampu mengimbangi kecepatan permainan. Morten Hjulmand sangat dirindukan.

LM: Joakim Maehle – 5/10 – Seperti Bah yang tidak cocok untuk bertahan tetapi membuktikan kegunaannya di sepertiga lapangan Jerman.

SAYA: Andreas Skov Olsen – 5/10 – Memberikan peluang bagi Hojlund di babak pertama namun keterlibatannya hanya sebatas itu.

SAYA: Christian Eriksen – 6/10 – Segala hal baik yang dilakukan pemain Denmark datang melalui Eriksen, yang gemar mengambil tanggung jawab bahkan pada malam yang tidak membuahkan hasil.

CF: Rasmus Hojlund – 4/10 – Terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan dan Anda tidak mendukungnya untuk mengubah peluangnya. Seharusnya lebih baik untuk pengalaman ini pada usia 21 tahun.

Pengganti

SUB: Christian Norgaard (69′ untuk Delaney) – 5/10

Pemain pengganti: Yussuf Poulsen (69′ untuk Skov Olsen) – 5/10

Pemain pengganti: Jonas Wind (81′ untuk Hojlund) – 5/10

Pemain pengganti: Jacob Bruun Larsen (81′ untuk Christensen) – 5/10

SUB: Victor Kristiansen (81′ untuk Bah) – 5/10

Pemain pengganti tidak digunakan: Mads Hermansen (GK), Frederik Ronnow (GK), Simon Kjaer, Zanka, Mikkel Damsgaard, Ramsus Kristensen, Mathias Jensen, Kasper Dolberg, Anders Dreyer

Pengelola

Kasper Hjulmand – 6/10 – Denmark bertanding sebaik mungkin tetapi hasilnya tidak sesuai harapan. Bisa dibilang seharusnya lebih positif dengan pemain penggantinya saat kedudukan 1-0.

Pemain terbaik pertandingan – Antonio Rudiger (Jerman)

Antonio Rudiger

Rudiger tampil luar biasa / Robbie Jay Barratt – AMA/GettyImages

BACA BERITA, PRATINJAU & PERINGKAT PEMAIN EURO 2024 TERBARU