Perbedaan Harga Pasar Skuad Timnas Indonesia dengan Argentina, Bak Langit dan Bumi – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Tengok saja selisih harga pasaran skuat timnas Indonesia dan Argentina yang memiliki selisih yang tak seimbang bagai langit dan bumi.

Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi Argentina pada pertandingan bertajuk FIFA Matchday pada Juni 2023.

Kepastian ini datang dari tim bernama La Albiceleste sendiri yang mengonfirmasi agenda tersebut melalui kicauannya di media sosial Twitter.

Dalam cuitannya melalui akun @Argentina, ia menyebutkan pertandingan melawan tim bernama skuat Garuda itu akan berlangsung pada 19 Juni 2023.

Sebelum menghadapi timnas Indonesia, Lionel Messi dan kawan-kawan akan menantang Australia terlebih dahulu di Beijing, China, pada 15 Juni 2023.

Laga ini merupakan bagian dari tur Asia Argentina setelah menjuarai Piala Dunia 2022 Desember lalu.

Tak ayal, kepastian tersebut membuat para pecinta sepak bola Indonesia tak sabar menunggu pertandingan timnas Indonesia melawan Argentina.

Dengan status sebagai juara Piala Dunia 2022 dan negara peringkat pertama dunia, Argentina juga dipercaya membawa pemain terbaiknya dalam tur Asia ini.

Sejumlah pemain terbaik Argentina pun mengungkap fakta menarik soal selisih harga pasaran skuat La Albiceleste dan timnas Indonesia.

Berapa estimasi selisih harga pasaran timnas Indonesia dan Argentina dan seberapa besar selisihnya?

Harga Pasar yang Tidak Stabil

Dilansir dari website Transfermarkt, harga pasaran timnas Indonesia dan Argentina memiliki selisih yang sangat besar hingga mencapai triliunan rupiah.

Timnas Indonesia dengan kombinasi 27 pemain di dalamnya diketahui hanya memiliki nilai pasar skuad sebesar 7,2 juta euro atau sekitar Rp 115 miliar.

Pemain termahal di tim Merah Putih adalah Jordi Amat yang memiliki market value 1 juta euro atau sekitar Rp 16 miliar.

Sedangkan Argentina yang memiliki 34 pemain di dalamnya memiliki harga pasar yang besar yakni 848,8 juta euro atau sekitar Rp 13,6 triliun.

Pemain termahal di kubu La Albiceleste saat ini dipegang oleh pemecah rekor transfer Liga Inggris Enzo Fernandez dengan nilai 85 juta euro (Rp 1,3 triliun).

Menariknya, pemain termurah kubu Argentina, kiper Franco Armani, masih memiliki harga pasaran yang lebih mahal dari Jordi Amat, pemain termahal Indonesia.

Kiper ketiga asal Argentina berusia 36 tahun itu memiliki nilai pasar 3 juta euro atau setara Rp 48 miliar.

Harga pasaran skuat Argentina ini tak lepas dari para pemainnya yang mayoritas aktif di liga-liga top Eropa.

Hal ini berbeda dengan Timnas Indonesia yang mayoritas pemainnya bermain di liga lokal atau Liga Indonesia sehingga memiliki market value yang relatif kecil.

[Felix Indra Jaya]