Perbandingan Harga Pasar Daniel Klein vs Maarten Paes, Siapa Lebih Mahal? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Melihat perbandingan harga pasaran Daniel Klein dan Maarten Paes, dua kiper turun temurun yang berminat membela timnas Indonesia.

Posisi penjaga gawang Timnas Indonesia nampaknya memiliki persaingan yang ketat karena banyak kiper silsilah yang berminat membela tim Merah Putih.

Ada tiga kiper turun temurun yang berminat membela timnas Indonesia. Ketiga kiper tersebut adalah Cyrus Margono, Maarten Paes, dan Daniel Klein.

Nama depan sendiri kabarnya tak perlu melalui proses naturalisasi, setelah ia memutuskan menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Sedangkan dua nama terakhir, Maarten Paes dan Daniel Klein harus melalui proses naturalisasi karena sama-sama memegang paspor Belanda dan Jerman.

Selain Cyrus Margono yang tak perlu dinaturalisasi, nama Maarten Paes dan Daniel Klein kini menjadi perbincangan hangat warganet Tanah Air.

Pasalnya keduanya terbuka untuk membela Timnas Indonesia pada awal tahun 2024. Maarten Paes pertama kali mengutarakan ketertarikannya setelah tiba di Indonesia pada awal Januari lalu.

Sementara itu, Daniel Klein baru-baru ini mengaku tertarik membela timnas Indonesia dan akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat.

Baik Maarten Paes maupun Daniel Klein menyandang status sebagai kiper terhebat yang membela klub-klub ternama Amerika Serikat (MLS) dan Jerman (Bundesliga).

Oleh karena itu, menarik untuk melihat perbandingan Maarten Paes dan Daniel Klein, terutama dari segi nilai pasarnya. Menurut Anda siapa yang memiliki nilai pasar lebih tinggi?

Maarten Paes hebat

Jika melihat nilai pasarnya dari laman statistik Transfermarkt, Maarten Paes memiliki nilai pasar yang lebih tinggi dibandingkan Daniel Klein.

Tak bisa dipungkiri, kiper bertahan FC Dallas ini memiliki nilai pasar enam kali lipat dibandingkan Daniel Klein.

Saat ini Maarten Paes memiliki nilai pasar sekitar 1,2 juta euro atau setara Rp 20,3 miliar. Sedangkan Daniel Klein hanya memiliki nilai pasar sebesar 200 ribu euro (Rp 3,3 miliar).

Ada alasan mengapa nilai pasar Maarten Paes lebih tinggi dibandingkan Daniel Klein yang merupakan kiper klub terbaik Bundesliga, FC Augsburg.

Nilai pasar Maarten Paes lebih unggul karena punya pengalaman mentereng. Tercatat, ia pernah membela FC Utrecht di kasta tertinggi Belanda dan kini bermain di MLS bersama FC Dallas.

Di kedua klub tersebut, Maarten Paes menjadi pilar utama klubnya. Jadi, kinerjanya yang bagus mendukung nilai pasarnya.

Berbeda dengan Daniel Klein yang tidak memiliki banyak pengalaman di level profesional. Dalam karirnya hingga saat ini, kiper berusia 22 tahun tersebut lebih banyak bermain di level kelompok umur.

Kini, Daniel Klein sendiri dipinjamkan ke tim kasta ketiga Jerman, SV Sandhausen. Jadi nilai pasarnya relatif murah karena pengalamannya di level profesional hanya seumur hidup.

Kontributor: Felix Indra Jaya