Penyerang Timnas Indonesia Jadi Pemain Terbaik Piala AFF Putri U-19 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Penyerang Timnas Wanita Indonesia, Claudia Alexandra Scheunemann dinobatkan sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak di Piala AFF Wanita U-19 2023.

Penobatan diumumkan usai laga final Piala AFF U-19 2023 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City, Palembang, Sabtu (15/7/2023) sore.

Meski baru berusia 14 tahun, Claudia selalu masuk dalam lineup ini sekaligus menjadi penopang utama lini depan Timnas Putri Indonesia di setiap laga Piala AFF 2023.

Berkat kemampuannya, pemain bernomor punggung 13 itu pun berhasil mencetak enam gol ke gawang lawan di hampir setiap pertandingan.

Untuk masing-masing dua gol melawan Timor Leste, dua gol melawan Laos, dan satu gol melawan Kamboja.

Claudia berkontribusi membantu Indonesia lolos ke babak semifinal sebagai juara Grup A. Kemudian, satu gol terakhirnya ke gawang Thailand di babak semifinal, Kamis (13/7).

Gol tersebut menjadi satu-satunya gol timnas Indonesia yang kalah 7-1 dari tim Gajah Perang, Thailand.

Kesuksesan Claudia setidaknya membuat bangga Timnas Putri Indonesia yang harus puas menutup Piala AFF U-19 tanpa trofi, setelah kalah 1-1 (4-2) lewat adu penalti dari Myanmar pada laga tersebut. untuk tempat ketiga Senin malam.

Pelatih Kepala Timnas Putri Indonesia Rudi Eka Priyambada mengakui Claudia merupakan salah satu bintang sepak bola masa depan Indonesia.

Bagaimana tidak, wanita kelahiran 2009 ini bisa menjalankan pola bermain bersama pemain lain dengan menduduki berbagai posisi.

Disebutkan Rudi di antaranya saat menghadapi Kamboja di grup A. Saat itu, Claudia ditempatkan sebagai gelandang serang mendampingi Sheva Imut.

“AFF U-19 lebih banyak dijadikan tempat latihan semua posisi yang diuji dan semua bisa termasuk Claudia,” ujarnya seperti disiarkan Antara, Minggu (16/7/2023).

Sementara itu, Claudia Alexandra di Stadion Gelora Sriwijaya mengaku tidak menyangka bisa dinobatkan sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak AFF U-19.

Claudia menilai semua prestasinya merupakan hasil kerja sama yang solid antar pemain Timnas Putri Indonesia.

Selain Claudia, beberapa pemain Timnas Putri Indonesia lainnya yang masuk daftar pencetak gol terbanyak AFF adalah Ayunda Dwi Angraini (empat gol) dan Marsela Yuliana Awi (lima gol).

“Sesuai doa keluarga, orang tua khususnya para pecinta sepak bola Indonesia,” ujar Claudia yang merupakan keponakan dari mantan pelatih Timnas Indonesia, Timo Scheunemann.

Wanita berkebangsaan Jerman-Indonesia ini juga berharap kesuksesan ini bisa menjadi motivasi bagi pesepak bola putri lainnya.

“Selalu bekerja keras, terus berlatih, karena siapa pun bisa bermain sepak bola,” ujarnya.