Pemilik Liverpool dalam pembicaraan untuk membeli klub raksasa Prancis yang sedang kesulitan

by

Pemilik Liverpool Fenway Sports Group (FSG) sedang dalam pembicaraan mengenai kemungkinan mengambil alih klub raksasa Prancis yang sedang berjuang, Bordeaux.

Bordeaux, yang memenangkan gelar Ligue 1 keenam mereka pada tahun 2009, telah terdegradasi sementara ke tingkat ketiga sepak bola Prancis setelah gagal membuktikan bahwa mereka memiliki keuangan yang cukup untuk mendukung musim berikutnya di Ligue 2.

Dengan waktu dua minggu untuk mengumpulkan uang dan memperoleh lisensi untuk bermain di Ligue 2, Bordeaux mengonfirmasi bahwa mereka sedang bernegosiasi dengan FSG.

“FC Girondins de Bordeaux melanjutkan diskusinya dengan Fenway Sports Group mengingat adanya komisi banding DNCG,” demikian pernyataan klub.

“Selama sidang pada tanggal 27 Juni, DNCG telah mengumumkan penangguhan proses hukum untuk FC Girondins de Bordeaux guna menyediakan semua jaminan yang diperlukan untuk pembiayaan musim 2024-2025. Untuk saat ini, perkembangan kasus tersebut telah menyebabkan DNCG mengumumkan degradasi klub tersebut ke National Championship 1.

“Klub mengajukan banding atas keputusan tersebut dan sekarang punya waktu untuk menyelesaikan salah satu opsi yang akan mengamankan pendanaan untuk musim depan.

“Sehubungan dengan hal ini, proyek penjualan saham mayoritas modal kepada Fenway Sports Group telah disampaikan pagi ini kepada DNCG di hadapan perwakilannya dan kami bekerja sama dengan mereka sebagai bagian dari kelanjutan negosiasi dan uji tuntas.”

Bordeaux, Prancis

Bordeaux terancam degradasi ke divisi ketiga / THIBAUD MORITZ/GettyImages

FSG berencana untuk berinvestasi sebesar €100 juta selama enam tahun dengan Bordeaux, yang membutuhkan antara €30 juta dan €40 juta di rekening mereka untuk memastikan tempat di Ligue 2 musim depan.

Kelompok ini telah lama memperjelas keinginan mereka untuk bergabung dengan gerakan yang berkembang menuju kepemilikan multi-klub, dengan sejumlah pejabat yang dipekerjakan musim panas ini untuk mengawasi ekspansi FSG.

Michael Edwards, mantan Liverpool direktur olahraga, kembali menjabat sebagai kepala eksekutif sepak bola FSG dan akan bertanggung jawab untuk menunjuk tim yang akan mengambil alih Bordeaux jika pengambilalihan selesai. Akan ada juga peran untuk direktur FSG Pedro Marques dan Julian Ward.

Bordeaux saat ini dikelola oleh mantan pemain sayap Liverpool Albert Riera, yang tampil 56 kali untuk The Reds antara tahun 2008 dan 2010.

BACA BERITA LIVERPOOL TERBARU, RUMOR TRANSFER & GOSSIP