Pelatih SC Heerenveen Soroti Keputusan Thom Haye Pilih Timnas Indonesia: Sangat Berani – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Keputusan Thom Haye merelakan paspor Belandanya demi membela timnas Indonesia menarik perhatian pelatihnya di SC Heerenveen, Kees van Wonderen.

Kees van Wonderen terkejut dengan terpilihnya gelandang bertahan utama timnya. Bahkan, dia menyebut Thom Haye sangat berani memilih timnas Indonesia.

“Thom akan menyerahkan paspor Belandanya untuk Indonesia,” kata van Wonderen, dikutip dari kanal YouTube GL News, Selasa (2/1/2024).

“Itu keputusan yang sangat menarik dan berani. Tapi saya tidak mau berkomentar banyak dan saya berharap Thom (Haye) sukses bersama Indonesia.”

Thom Haye telah mengurus tahap awal naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah mengurus dokumen ke Jakarta Kamis (28/12/2023) lalu.

Pemain keturunan Indonesia, Thom Haye saat membela Heerenveen SC (feanonline.nl)

Kehadiran Thom Haye menambah masuknya pemain yang datang membela timnas Indonesia.

Gelandang berusia 28 tahun itu diketahui memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya yang disebut-sebut berasal dari mana
Solo, Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara.

Thom diharapkan bisa menambah kekuatan timnas Indonesia, terutama di lini tengah. Ia akan bergabung dengan dua pemain turun temurun yang sudah lebih dulu menjalani debut bersama Garuda, yakni Marc Klok dan Ivar Jenner.

Proses naturalisasi Thom Haye diharapkan selesai sebelum Timnas Indonesia tampil di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret mendatang.

Dalam lanjutan kualifikasi ini, Timnas Indonesia akan bermain kandang dan tandang melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.