Pecundangi Tuan Rumah Kamboja, Timnas Indonesia Sempurna di Grup A – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas U-22 Indonesia kembali juara di Grup A sepak bola SEA Games 2023. Melawan tuan rumah Timnas U-22 Kamboja di laga pamungkas penyisihan grup, Indonesia menang tipis 2-1 di Olympic Stadium, Phnom Penh , Rabu (10/5/2023) malam WIB.

Gol timnas U-22 Indonesia pada pertandingan ini dicetak oleh Titan Agung dan Beckham Putra. Sedangkan satu gol untuk Kamboja dibuat oleh Sin Sovannmakara.

Kemenangan ini membuat Timnas U-22 Indonesia membukukan 12 poin sempurna untuk tampil kokoh sebagai juara Grup A. Tim Garuda Muda menorehkan empat kemenangan.

Di babak semifinal, Timnas U-22 Indonesia akan menghadapi runner-up Grup B, salah satunya Thailand atau Vietnam.

Tuan rumah Kamboja sendiri harus rela tersingkir di fase grup dan mengubur mimpi bermain di babak semifinal.

Ini setelah pertandingan Grup A lainnya yang berlangsung serentak malam ini, Myanmar mengalahkan Filipina. Myanmar mendampingi Indonesia lolos ke fase knockout dari Grup A.

Di Olympic Stadium, timnas U-22 Indonesia yang tidak tampil maksimal karena sudah lolos ke babak semifinal, masih mampu bersaing dengan pertandingan Kamboja.

Padahal, dua menit laga berjalan, Garuda Muda –julukan Timnas U-22 Indonesia– punya peluang meski Irfan Jauhari gagal mencetak gol.

Tekanan terus dilakukan Timnas U-22 Indonesia hingga tercipta gol pada menit ke-12.

Memanfaatkan kericuhan di depan gawang Kamboja, Titan Agung yang menerima bola lepas melepaskan tembakan keras yang tak mampu dijebol gawang dan mengubah skor menjadi 1-0.

Penyerang timnas U-22 Indonesia Titan Agung merayakan gol ke gawang Kamboja pada pertandingan sepak bola SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023) malam WIB. [dok. PSSI]

Timnas Indonesia U-22 tak mengendurkan serangan meski lebih kuat. Tim Merah Putih membuat Kamboja kesulitan menyerang karena selalu bisa dibobol.

Kamboja mencoba menyerang saat pertandingan memasuki menit ke-20. Namun, saat bola masuk ke area pertahanan Indonesia, Kamboja kesulitan menembus gawang kiper Adi Satryo.

Memasuki menit ke-30, Kamboja masih belum mampu menjebol pertahanan Indonesia meski tim tuan rumah kini mulai mendominasi penguasaan bola.

Timnas U-22 Indonesia kembali menguasai permainan setelah pertandingan memasuki menit ke-40. Namun, masih sulit bagi Witan Sulaeman dan kawan-kawan untuk memperbesar keunggulan.

Menjelang akhir pertandingan babak pertama, Indonesia justru kebobolan. Sundulan Sin Sovannmakara dari sepak pojok masih di luar jangkauan Adi Satryo. Hasil 1-1 mengakhiri babak pertama.

Ini kali pertama Indonesia kebobolan gol di sepak bola SEA Games 2023 setelah tiga laga awal di Grup A selalu mencatatkan rekor bersih.

Memasuki babak kedua, Timnas U-22 Indonesia kembali menekan untuk kembali memimpin. Tim Merah Putih langsung menyerang pertahanan Kamboja.

Alhasil, Indonesia kembali mencetak gol ke gawang Kamboja pada menit ke-52. Tendangan playmaker Persib Beckham Putra dari luar kotak penalti tak mampu ditepis kiper Kamboja itu dan mengubah skor menjadi 2-1.

Intensitas permainan di babak kedua tampak lebih cepat. Kamboja juga sekarang dengan cepat menerapkan lebih banyak tekanan.

Indonesia di bawah pelatih Indra Sjafri sendiri mulai menguasai permainan saat pertandingan memasuki menit ke-65.

Namun, Garuda Muda tampak santai untuk memancing tim Kamboja asuhan Ryu Hirose hingga mereka bersikeras mencetak gol lagi, berpotensi menciptakan celah yang tentu saja bisa digunakan untuk serangan balik.

Memasuki menit ke-75, Kamboja terus memberikan tekanan. Namun, pertahanan Indonesia tetap kokoh sehingga menyulitkan tim tuan rumah untuk menerobos.

Kamboja memiliki peluang emas untuk menyamakan skor menjadi 2-2 lewat gol. Sayang, penalti Lim Pisoth dibalas kiper Adi Satryo meski lepas kendali.

Usai membuang bola, Adi Satryo tak bisa melanjutkan permainan setelah berbenturan dengan pemain Kamboja. Alhasil, posisinya digantikan Ernando Ari Sutaryadi pada menit ke-84.

Pertandingan berjalan cukup keras di penghujung laga. Banyak pemain Garuda Muda yang absen karena tabrakan.

Timnas U-22 Indonesia sempat tertekan di menit-menit akhir pertandingan. Beruntung, hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, tak ada lagi gol yang tercipta. Indonesia menang 2-1 atas Kamboja.

Berbaris:

Timnas Kamboja U-22 XI: Reth Lyheng; Chou Sinti, South Nava, Taing Bungcai, Ny Sokry; Lim Pisoth, Chan Sarapich, Keut Pichi; Sin Sovannmakara, Nhean Sosidan, Sieng Chandthea.

Pelatih: Ryu Hirose

Timnas Indonesia U-22 XI: Adi Satryo; Haykal Alfhafiz, Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Ilham Rio Fahmi; Witan Sulaeman, Muhammad Taufany, Putra Beckham; Jeam Kelly, Titan Agung, Irfan Jauhari.

Pelatih: Indra Sjafri