Olimpiade Paris 2024: Prediksi pertandingan hari ketiga putri

by

Pertandingan ketiga mengakhiri putaran pertama cabang sepak bola wanita di Olimpiade Paris 2024 pada hari Rabu.

Turnamen ini sejauh ini telah menimbulkan kontroversi dan kekacauan, dengan beberapa bintang utama permainan bersinar di tengah teriknya cuaca Prancis.

Hanya empat tim yang akan tersingkir dari babak penyisihan grup dengan tiga perempat negara yang berkompetisi melaju ke babak perempat final. Dua dari tiga tim peringkat ketiga dengan performa terbaik akan bergabung dengan dua tim teratas dari masing-masing grup di delapan besar.

Meski demikian, selalu ada ruang untuk drama di menit-menit terakhir pada pertandingan terakhir babak penyisihan grup, dan berikut ini adalah caranya 90 menit memperkirakan aksi hari Rabu akan turun.

FBL-OLY-PARIS-2024-PRANCIS-KAN

Tuan rumah akan menjamin tempat perempat final dengan satu poin / ARNAUD FINISTRE/GettyImages

Semua tergantung pada Grup A menuju putaran terakhir pertandingan dengan tiga tim yang meraih tiga poin dari dua pertandingan pembuka mereka. Satu-satunya yang tidak beruntung adalah Selandia Baru, yang menyusul kekalahan 2-1 mereka dari Kanada dengan kekalahan 2-0 dari Kolombia pada hari Minggu.

Peluang untuk menang melawan Ferns sangat besar menjelang pertandingan hari Rabu melawan tuan rumah, meskipun Prancis harus bangkit lagi setelah menderita kekalahan telak dari Kanada pada pertandingan terakhir.

Meski begitu, tim Prancis yang berbakat adalah favorit di sini dan kemenangan atas Selandia Baru mungkin cukup untuk memastikan posisi puncak grup.

Prediksi: Selandia Baru 0-2 Prancis

Vanessa Gilles

Kanada diguncang oleh ‘Drone-gate’ sebelum dimulainya kampanye mereka / Tullio M. Puglia/GettyImages

Ini merupakan turnamen yang sangat seru bagi Kanada, yang diguncang oleh ‘Drone-gate’ untuk memulai kampanye mereka dan kemudian dijatuhi pengurangan enam poin oleh FIFA.

Namun, mereka berhasil mengejar ketertinggalan menjelang pertandingan terakhir setelah menang atas Selandia Baru dan Prancis. Vanessa Gilles mencetak gol pada menit ke-12 perpanjangan waktu untuk memastikan kemenangan mengejutkan bagi Kanada atas tuan rumah pada pertandingan kedua.

Bisakah Kanada membawa momentum itu ke pertandingan terakhir grup dan memastikan tempat di perempat final yang tak terduga? Mereka harus menang pada hari Rabu untuk memperoleh peluang, tetapi Kolombia saat ini berada di puncak Grup A setelah mengalahkan Selandia Baru 2-0 pada hari Minggu.

Grup ini terbuka lebar, dan pertarungan di Nice pasti akan menjadi pertarungan sengit antara dua kubu yang sama-sama punya beban berat.

Prediksi: Kolombia 2-1 Kanada

FBL-OLY-PARIS-2024-GER-AUS

Jerman akan menghadapi tugas berat melawan Zambia pada Matchday 3 / CHRISTOPHE SIMON/GettyImages

Negara dengan peringkat terendah di turnamen ini tentu saja mencatatkan prestasi di hari kedua saat Zambia mengalahkan semifinalis Piala Dunia Australia. Memimpin 4-2 saat jeda, negara Afrika itu menyerah pada babak kedua dan kalah telak 6-5.

Zambia sepertinya tak mungkin lolos ke babak perempat final, tetapi penampilan mereka melawan Matildas menunjukkan Jerman, yang dikalahkan AS 4-1 pada pertandingan terakhir, akan menghadapi malam yang sulit di Saint-Etienne.

Namun, Jerman bisa saja kalah pada pertandingan Rabu dan tetap melaju ke delapan besar sebagai runner-up.

Prediksi: Zambia 0-1 Jerman

FBL-OLY-PARIS-2024-AS-ZAM

Timnas Wanita Amerika Serikat mengawali kampanye mereka dengan sangat mengesankan / VALERY HACHE/GettyImages

Matildas yang tidak diperkuat Sam Kerr menampilkan permainan yang luar biasa pada hari pertandingan kedua untuk meningkatkan peluang mereka lolos, tetapi ujian yang sangat berat menanti Australia untuk mengakhiri Grup B.

Kekalahan telak atas Jerman di awal musim berarti Australia membutuhkan keajaiban kecil untuk lolos. Mereka saat ini berada di posisi ketiga dalam grup tetapi selisih gol mereka -2 jauh lebih buruk daripada lawan-lawan mereka di Grup A dan C. Dengan demikian, mereka mungkin membutuhkan hasil melawan tim AS yang sedang bersemangat untuk lolos ke delapan besar.

Tim asuhan Emma Hayes, juara Olimpiade empat kali, mengawali turnamen dengan efisien. Setelah mengalahkan Zambia pada hari pertama, AS secara krusial mengalahkan Jerman 4-1 dalam pertandingan penting berkat dua gol Sophia Smith untuk memimpin Grup B. Mereka dalam performa yang bagus dan absennya Kerr berarti tim asuhan Hayes tidak perlu khawatir meskipun Matildas mencetak enam gol pada pertandingan terakhir.

Prediksi: Australia 1-3 AS

Momoko Tanikawa

Jepang mengejutkan Brasil pada pertandingan terakhir / Michael Steele/GettyImages

Jepang kembali berpeluang setelah mencatat kemenangan mengejutkan atas Brasil pada pertandingan terakhir. Tim Jepang tentu akan berpeluang untuk lolos ke delapan besar, dengan satu poin melawan Nigeria pada hari Rabu sudah cukup untuk membawa mereka lolos.

Raksasa Afrika, yang berhasil maju di Piala Dunia 2023 dengan beberapa penampilan impresif sebelum tersingkir dari kompetisi lewat adu penalti melawan Inggris di babak 16 besar, telah kalah dengan satu gol dalam dua pertandingan mereka di Olimpiade sejauh ini. Butuh gol aneh Alexia Putellas bagi juara dunia untuk menumbangkan Nigeria pada pertandingan kedua.

Kemenangan bagi peraih 11 kali Piala Afrika akan memberi mereka peluang besar untuk melaju ke perempat final kedua mereka di Olimpiade.

Prediksi: Jepang 2-0 Nigeria

Alexia Putellas

Tendangan bebas Alexia Putellas membantu Spanyol mengalahkan Nigeria / Robert Cianflone/GettyImages

Bisa dibilang sebagai pertandingan paling menonjol di putaran ini, Spanyol telah memulai kampanye mereka di Prancis dengan tenang karena mereka bertekad untuk menambahkan medali emas Olimpiade ke dalam daftar penghargaan mereka yang menumpuk.

Pemenang Ballon d’Or Feminin dua kali Putellas menjadi pahlawan melawan Nigeria saat tendangan bebasnya dari sudut sempit memenangkan pertandingan untuk Spanyol dengan lima menit tersisa. Sang juara dunia dengan mudah mengalahkan Jepang untuk memulai perjuangan mereka.

Kemenangan beruntun membuat Spanyol memuncaki Grup C menuju matchday ketiga, dan mereka berharap bisa bergabung di delapan besar dengan lawan pada hari Rabu, Brasil. Namun, setelah mengalami kekalahan mengejutkan dari Jepang pada pertandingan terakhir, tim Marta, jika kalah pada hari Rabu, akan bergantung pada hasil lain – kemungkinan dari grup lain – untuk melanjutkan impian Olimpiade mereka.

Prediksi: Brasil 0-2 Spanyol

BACA BERITA, FITUR & ANALISIS SEPAKBOLA WANITA TERBARU