Nominasi Peraih Ballon d’Or 2023 Resmi Diumumkan: Ada Messi dan Haaland, Ronaldo Terlupakan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Daftar calon peraih Ballon d’Or 2023 sudah resmi diumumkan. Nama-nama papan atas seperti Lionel Messi dan Erling Haaland masuk dalam daftar calon peraih gelar individu bergengsi tersebut, namun tidak ada nama Cristiano Ronaldo.

Sebanyak 30 pemain resmi menjadi calon peraih gelar pemain terbaik tahun ini, dilansir akun resmi Ballon d’Or, Kamis (7/9) WIB.

Menariknya, 15 di antaranya baru pertama kali masuk nominasi penghargaan ini.

Sebut saja bintang muda sepak bola dunia seperti Jude Bellingham, Bukayo Saka, Julian Alvarez, dan Jamal Musala yang menjadi kandidat pertama peraih Ballon d’Or.

Lionel Messi sendiri kembali masuk nominasi peraih Ballon d’Or setelah absen pada 2022. La Pulga masuk dalam daftar kandidat usai meraih trofi Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina.

Sementara itu, pemenang Ballon d’Or Karim Benzema kembali masuk dalam daftar. Bomber asal Prancis itu terpilih menjadi kandidat peraih Ballon d’Or untuk yang ke-10 kalinya.

Benzema dan Yassine Bounou menjadi dua pemain Liga Arab Saudi yang masuk dalam daftar kandidat peraih Ballon d’Or tahun ini.

Namun, bintang Liga Pro Saudi lainnya dan pemilik lima Bola Emas, Cristiano Ronaldo, tidak masuk dalam daftar nominasi tahun ini.

Superstar timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri). [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Sementara Manchester City menjadi klub penyumbang pemain terbanyak dalam nominasi Ballon d’Or 2023. Ada tujuh pemain The Citizens yang bersaing memperebutkan gelar pemain terbaik dunia tahun ini, termasuk para pencetak gol. pelaku bom, Erling Haaland.