Nigeria dan Pantai Gading Resmi Bertemu di Final – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Hasil Piala Afrika 2023, Nigeria dan Pantai Gading dipastikan lolos ke puncak klasemen setelah mengalahkan lawannya masing-masing di semifinal.

Nigeria melaju ke final berkat kemenangan dramatis 4-2 adu penalti melawan Afrika Selatan di Stade de la Plaix, Kamis pagi WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 lewat dua kali perpanjangan waktu.

Nigeria berhasil mencetak gol terlebih dahulu melalui penalti Williams Troost-Ekong sebelum Teboho Mokoena menyamakan kedudukan pada menit ke-90.

Dalam adu penalti, Stanley Nwabali dan Kalechi Iheanacho menjadi pahlawan yang mengantarkan Nigeria lolos ke putaran final Piala Afrika 2023.

Nwabali berhasil mencegah dua eksekusi pemain Afrika Selatan, sedangkan Iheanacho berhasil menjadi algojo terakhir Nigeria.

Sementara Pantai Gading menang tipis 1-0 atas Republik Demokratik Kongo (RD) Kongo di Stadion Olimpiade Ebimpe, Kamis (8/2/2024) dini hari WIB.

Satu-satunya gol dalam pertandingan ini terjadi pada menit ke-65 ketika tendangan voli Haller ke tanah memantul melewati kiper Leopards Lionel Mpasi.

Keberhasilan Pantai Gading lolos ke putaran final memberi peluang bagi mereka untuk meraih gelar juara Piala Afrika untuk ketiga kalinya. Mereka sebelumnya menjuarai Piala Afrika pada tahun 1992 dan 2015.

Pantai Gading memiliki modal tambahan karena mereka menjadi tuan rumah Piala Afrika tahun ini.

Sementara itu, Nigeria sudah lolos ke putaran final Piala Afrika 2023 setelah menang atas Afrika Selatan lewat adu penalti. Kedua tim akan bertemu di final pada Senin (12/2/2024).

(Di antara)