Nggak Nyinyir Lagi, Media Vietnam Akui Timnas Indonesia Pantas Lolos ke Final SEA Games – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Beberapa media Vietnam yang sebelumnya kerap “mengejek” timnas Indonesia, kini kembali melunak bahkan kembali memuji. Hal itu setelah timnas U-22 Indonesia secara dramatis menyingkirkan Vietnam U-22 di babak semifinal sepak bola SEA Games 2023.

Harapan merebut emas SEA Games 2023 di Kamboja harus ditepis oleh Vietnam setelah kalah 2-3 dari Timnas U-22 Indonesia pada laga semifinal yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (13/10). /5/2023). ).

Vietnam bermain dengan 10 pemain Indonesia setelah Pratama Arhan menerima kartu merah, dengan skuad Garuda Muda mencuri gol injury time babak kedua untuk mengamankan kemenangan dramatis ini.

Beberapa media Vietnam pun mengkritik timnasnya sendiri pasca kekalahan ini, termasuk media Zingnews. Pelatih veteran Prancis yang melatih Vietnam, Philippe Troussier, tak luput dari kritik.

Bahkan, Timnas Indonesia disebut layak melaju ke babak final karena tampil lebih baik di sebagian besar pertandingan.

“Timnas U-22 Indonesia layak mendapatkan tiket ke final. Mereka pragmatis, tapi lebih kolektif. Selain itu, Vietnam U-22 juga masih kalah dalam kemampuan bertarung,” kata analisis Zingnews, Minggu (14/5). /2023).

Media juga menggambarkan kelemahan terbesar Vietnam sebagai sektor pertahanan. Troussier tidak memiliki bek tengah berkualitas seperti yang dia lakukan di bawah pelatih Park Hang-seo.

Performa buruk kiper Quan Van Chuan juga menarik perhatian. Sang kiper dinilai payah dalam merespon dua lemparan jauh Pratama Arhan yang berujung petaka bagi Vietnam.

“Ketinggalan dua gol berturut-turut dari lemparan ke dalam di semifinal benar-benar sulit diterima,” jelas Zingnews.

Troussier sendiri dinilai tak mampu memperbaiki kesalahan Vietnam yang sebelumnya juga tampil buruk dalam rangkaian laga uji coba jelang SEA Games 2023.

Kemampuan eks pelatih timnas Jepang itu mulai dipertanyakan meski masa jabatannya melatih Vietnam baru sebulan.

“Meski menderita kekalahan dramatis, harus ditekankan bahwa tim Troussier tidak mampu memperbaiki kesalahan dari cedera yang terjadi sebelum SEA Games,” lanjut analisis tersebut.

Kekalahan Indonesia membuat Vietnam gagal menjaga harapan untuk mempertahankan medali emas sepakbola SEA Games.

Tim muda Golden Star –julukan Tim Nasional Vietnam– harus siap tampil di laga perebutan medali perunggu melawan Myanmar. Sedangkan Indonesia akan bertemu Thailand di final.