Menilik Potensi Starting XI Timnas Indonesia Full Pemain Naturalisasi di Piala Asia 2023, Mungkinkah Terjadi? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bisa menurunkan skuad penuh pemain naturalisasi di starting eleven Piala Asia 2023. Hal itu akan terwujud jika PSSI menambah dua hingga tiga pemain keturunan.

Dengan demikian, tak ada nama pemain lokal yang akan mundur sebagai starter jika daftar starting XI alias Starting XI diperkuat pemain naturalisasi.

Pemain Timnas Indonesia Marc Klok menghadapi pemain Argentina pada pertandingan FIFA Match Day di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023) sore. [Pahami.id/Dwi Bowo Raharjo]

Di posisi penjaga gawang misalnya, ada beberapa pilihan pemain keturunan yang bisa dinaturalisasi oleh PSSI. Mereka adalah Emil Audero dan Cyrus Margono. Namun, keduanya harus melanjutkan proses pengurusan paspor Indonesia.

Sedangkan dengan skema 4-3-3, Shin Tae-yong sudah memiliki empat pemain naturalisasi untuk mengisi sektor pertahanan skuat Merah Putih.

Di posisi bek kanan ada Sandy Walsh, sedangkan di pos bek kiri bisa dipasang Shayne Pattynama. Keduanya akan membantu pasangan Elkan Baggott dan Jordi Amat di jantung pertahanan Timnas Indonesia.

Opsi lain yang bisa dipertimbangkan untuk naturalisasi tambahan adalah Kevin Diks di bek kanan dan Mees Hilgers di bek tengah. Keduanya harus melalui proses naturalisasi jika ingin memperkuat skuat Garuda.

Menuju sektor tengah, Shin Tae-yong juga sudah memiliki dua pemain naturalisasi di posisi tengah. Mereka adalah Ivar Jenner dan Marc Klok. Ivar telah mencatatkan dua caps melawan Argentina dan Palestina, sementara Klok telah lama menjadi andalan.

Jika Anda membutuhkan tambahan, beberapa opsi untuk dipertimbangkan adalah Jay Idzes dan Thom Haye. Nama terakhir merupakan rekan setim Sandy Walsh di timnas U-17 Belanda.

Namun, PSSI juga harus bergerak cepat jika memang ingin menggunakan jasa Jay Idzes dan Thom Haye karena Piala Asia 2023 semakin dekat.

Untuk mengisi tiga pemain di lini serang, Timnas Indonesia setidaknya mengantongi dua pemain, yakni Stefano Lilipaly dan Rafael Struick. Pemain terakhir ini berhasil memenangkan penghargaan dalam pertandingan melawan Palestina.

Ada beberapa nama pemain keturunan Indonesia yang bisa masuk dalam daftar calon pemain naturalisasi, yakni Ilyas Alhaft, Justin Mathieu, dan Ragnar Oratmangoen.

Berikut daftar susunan sebelas pemain utama Timnas Indonesia yang full naturalisasi

Timnas Indonesia (4-3-3): Emil Audero; Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott, Shayne Pattynama; Ivar Jenner, Marc Klok. Thom Haye; Rafael Struick, Stefano Lilipaly. Ragnar Oratmangoen;

Pelatih: Shin Tae-yong

[Penulis: Muh Faiz Alfarizie]