Mengapa tidak ada tim sepak bola wanita Tim GB di Olimpiade Paris 2024?

by

Ini adalah minggu yang penting bagi olahraga karena Olimpiade 2024 di Paris secara resmi dimulai.

Turnamen sepak bola wanita akan dimulai pada hari Kamis, 25 Juli dan akan berlangsung di stadion-stadion di seluruh Prancis. Kota-kota yang menjadi tuan rumah meliputi Paris, Lyon, Nantes, Nice, Bordeaux, Marseille, dan Saint-Etienne.

Pemegang gelar Kanada berharap dapat mempertahankan medali emas mereka, sementara Piala Dunia Wanita 2023 Para pemenang Spanyol berharap untuk mendapatkan medali di Olimpiade untuk pertama kalinya. Amerika Serikat telah memenangkan medali emas terbanyak, yakni empat medali, serta satu medali perak dan satu medali perunggu.

Tim GB hanya meraih sedikit keberhasilan di Olimpiade dalam dua tahun sejak mereka mengikuti turnamen tersebut pada tahun 2012 dan 2020. Akan tetapi, tahun ini mereka tidak akan memiliki perwakilan dan penantian mereka untuk meraih medali masih panjang.

Mengapa tim wanita Inggris Raya tidak bermain sepak bola di Olimpiade?

Ellie Tukang Kayu

Tim GB beraksi di Olimpiade Tokyo 2020 melawan Australia / Atsushi Tomura/GettyImages

Tim GB telah menurunkan tim wanita di turnamen-turnamen sebelumnya, termasuk London 2012 dan Tokyo 2020. Meskipun lolos ke Rio pada tahun 2016, penolakan keras dari asosiasi sepak bola Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara membuat mereka tidak dapat ikut serta.

Tim tersebut kembali diikutsertakan dalam Olimpiade Tokyo dan lolos kualifikasi berkat penampilan Lionesses di semifinal Piala Dunia Wanita 2019. Namun, absennya mereka dari Olimpiade tahun ini bukan karena perbedaan pendapat antara keempat asosiasi, melainkan hanya karena InggrisKegagalan untuk memenuhi syarat.

Inggris, sebagai negara dengan peringkat tertinggi, bertanggung jawab atas kualifikasi Tim GB, yang memang sering terjadi. Perubahan format kualifikasi berarti kualifikasi tidak lagi didasarkan pada performa di Piala Dunia – Lionesses mencapai final di turnamen 2023 di Australia.

Tahun ini, kualifikasi ditentukan oleh edisi perdana Women’s Nations League. Hanya negara-negara yang mencapai tahap akhir kompetisi yang dapat lolos, yaitu Spanyol dan Jerman, serta Prancis sebagai tuan rumah.

Inggris tersingkir dari Nations League di babak penyisihan grup setelah mereka finis di posisi kedua di belakang Belanda dengan selisih gol. Ini berarti Tim GB juga tersingkir dari babak kualifikasi dan harapan mereka untuk berkompetisi di Olimpiade musim panas ini berakhir.

Tim GB pertama kali menurunkan tim wanita di Olimpiade London 2012. Mereka berhasil menjadi juara grup, yang juga terdiri dari Brasil, Selandia Baru, dan Kamerun, setelah memenangi ketiga pertandingan mereka.

Mereka menghadapi Kanada di perempat final, tetapi dikalahkan 2-0 oleh lawan mereka setelah gol dari Jonelle Filigno dan Christine Sinclair.

Di Olimpiade Tokyo 2020, Tim GB sekali lagi lolos sebagai juara grup, kali ini di atas Kanada, Chili, dan Jepang. Namun, harapan mereka sekali lagi hancur di perempat final saat mereka dikalahkan 4-3 oleh Australia.

BACA BERITA SEPAKBOLA WANITA TERBARU