Mengapa tidak ada tim sepak bola pria Tim GB?

by

Jika Anda pikir Anda sudah puas dengan sepak bola internasional musim panas ini, pikirkan lagi.

Setelah Euro 2024 dan Copa America, kini giliran Olimpiade Musim Panas yang memukau penonton di seluruh dunia. Meski tidak seprestisius turnamen lain yang telah berlangsung selama enam minggu terakhir, Olimpiade tetap menawarkan suporter kesempatan menonton sepak bola sebelum musim baru dimulai.

Namun, penggemar sepak bola yang berdomisili di Inggris Raya di Olimpiade tidak akan dapat menyaksikan tim putra Inggris Raya di ajang musim panas ini. Mereka belum lolos kualifikasi, yang berarti warga Inggris harus memilih tim lain untuk didukung selama dua setengah minggu ke depan.

Tetapi mengapa tim putra Inggris Raya tidak bermain sepak bola di Olimpiade?

Hari Olimpiade ke-5 - Sepak Bola Pria - Inggris Raya v Uruguay

Pengecualian khusus dibuat untuk London 2012 / Julian Finney/GettyImages

Tim sepak bola putra Inggris Raya belum pernah mengikuti proses kualifikasi Olimpiade Musim Panas sejak 1972 dan belum pernah tampil di kompetisi tersebut sejak Olimpiade 1960 di Italia.

Alasan di balik ini adalah karena Tim GB harus terdiri dari pemain dari Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara, karena keempat negara asal gagal menyepakati untuk menurunkan tim untuk turnamen sebelumnya. Sementara keempat negara bersaing secara individual dalam kompetisi FIFA dan UEFA, hal itu tidak mungkin dilakukan di Olimpiade.

Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara dilaporkan khawatir tentang kemampuan mereka untuk bersaing sebagai negara independen di turnamen besar jika mereka terus mewakili Tim GB di Olimpiade.

Namun, Inggris Raya menyusun tim untuk Olimpiade London 2012 sebagai tim yang unik. Skuad yang dikelola Stuart Pearce yang terdiri dari pemain seperti Daniel Sturridge dan Ryan Giggs disingkirkan oleh Korea Selatan di perempat final melalui adu penalti.

Tidak ada negara yang memenangkan medali emas dalam cabang sepak bola putra lebih banyak daripada Inggris Raya. Memang, Tim Inggris Raya belum pernah dinobatkan sebagai juara sejak 1912, tetapi mereka telah memenangkan turnamen tersebut tiga kali – menyamai rekor Hungaria.

Karena Hungaria tidak ikut serta dalam Olimpiade 2024, rekor Inggris Raya masih aman untuk saat ini – meskipun Argentina dapat menyamainya dengan memenangkan emas tahun ini.

Sepakbola pria di Olimpiade 2024 dimulai pada Rabu 24 Julidengan akhir dimulai pada Jumat 9 Agustus.

Turnamen ini dimulai dengan babak penyisihan grup dan perempat final akan dimainkan pada hari Jumat tanggal 2 Agustus, tepat seminggu sebelum acara puncak. Dua semifinal akan berlangsung pada hari Senin tanggal 5 Agustus.

Akan ada pertandingan perebutan tempat ketiga saat negara-negara berjuang untuk memperebutkan perunggu, yang akan berlangsung sehari sebelum final.

Akan ada 16 negara yang bersaing untuk memperebutkan medali emas putra di Olimpiade, dengan babak penyisihan grup yang terdiri dari empat grup yang masing-masing berisi empat tim. Setiap tim akan bertanding satu sama lain sekali dan dua tim yang berada di puncak grup akan lolos ke perempat final. Setelah itu, prosesnya akan berlangsung dengan sistem gugur.

Namun, negara-negara yang berkompetisi tidak akan begitu saja mengirimkan pemain terbaik mereka ke Paris. Skuad harus terdiri dari pemain di bawah usia 23 tahun (lahir pada atau setelah 1 Januari 2001), dengan hanya tiga pemain yang lebih tua yang diizinkan untuk masing-masing tim.

Harapkan untuk melihat beberapa susunan pemain yang tidak biasa, bahkan di antara negara-negara dengan pukulan besar seperti Prancis, Spanyol, dan Argentina.

BACA BERITA TERBARU, RUMOR TRANSFER DAN REAKSI PERTANDINGAN