Mengapa Lionesses tidak ikut Olimpiade 2024?

by

Musim panas biasanya merupakan musim istirahat, tetapi kali ini tidak akan ada hal seperti itu mengingat banyaknya turnamen internasional yang dijadwalkan.

Euro 2024 dan Copa America telah berakhir, tetapi Olimpiade sudah dekat.

Sepak bola wanita telah menjadi bagian dari kalender Olimpiade sejak 1996 dan turnamen lain yang sangat dinantikan akan diadakan di Paris. Tim USWNT telah mendominasi perolehan medali sejak menang di kandang sendiri pada tahun 1996 dan akan menjadi salah satu favorit untuk mengklaim medali emas kelima mereka pada bulan Agustus.

Pemenang terkini Jerman dan Kanada akan berdiri kokoh menghalangi tim asuhan Emma Hayes, demikian pula juara dunia Spanyol, tetapi tidak akan ada kesempatan bagi Lionesses – yang seharusnya berkompetisi sebagai Tim GB – untuk membangun warisan mengesankan mereka dengan menambahkan medali emas setelah tampil di final Kejuaraan Eropa dan Piala Dunia.

Inilah alasannya Singa betina tidak akan berpartisipasi di Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris.

Renate Jansen

Belanda mengalahkan Inggris untuk meraih posisi teratas di Grup A1 Liga Bangsa-Bangsa Wanita yang pertama / Soccrates Images/GettyImages

Tim Singa Betina lolos ke Olimpiade Tokyo tahun 2020 setelah melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2019. Meski tim asuhan Sarina Wiegman termasuk di antara tim internasional paling mengesankan selama empat tahun terakhir, kualifikasi untuk Olimpiade Musim Panas 2024 didasarkan pada penampilan di Liga Bangsa-Bangsa Wanita UEFA 2023/24.

Dua pemain terbaik akan bergabung dengan tuan rumah Prancis dari UEFA, yang berarti Inggris harus memenangkan grup Liga A mereka untuk memberi diri mereka kesempatan. Namun, The Lionesses kalah dari Belgia dan Belanda sehingga membuat mereka berada dalam posisi yang sulit menjelang pertandingan terakhir.

Kemenangan telak 6-0 atas Skotlandia memberi mereka peluang, tetapi gol telat Belanda melawan Belgia memperkecil ketertinggalan mereka menjadi satu dan mereka lolos sebagai juara Grup A1 meskipun menelan kekalahan kedua di babak penyisihan grup. Belanda dan Lionesses sama-sama finis dengan 12 poin, tetapi Oranje berakhir dengan selisih gol yang lebih unggul, yaitu satu, berkat gol telat tersebut.

Belanda kemudian dikalahkan oleh Spanyol di semi-final dan Jerman di perebutan tempat ketiga, sehingga mereka juga tidak akan berkompetisi di Prancis musim panas ini.

Inggris Raya v Australia: Perempat Final Sepak Bola Wanita - Olimpiade: Hari ke-7

Tim GB di Olimpiade Tokyo 2020 / Atsushi Tomura/GettyImages

Antara tahun 1976 dan 2008, Inggris Raya tidak membawa satu pun tim sepak bola ke Olimpiade. Hal itu berubah setelah menjadi tuan rumah acara akbar tersebut pada tahun 2012, dengan tim putra dan putri mewakili Tim Inggris Raya.

Pemain dipilih dari keempat Negara Asal di London 2012, tetapi FIFA kemudian menyatakan bahwa tidak akan ada peserta Tim GB di Olimpiade kecuali jika kesepakatan dicapai antara Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Setelah Inggris mencapai semifinal Piala Dunia 2019, Home Nations mencapai kesepakatan menjelang Olimpiade Tokyo 2020 yang melihat Lionesses berkompetisi sebagai Tim GBSkuad tersebut terdiri dari 19 pemain Inggris, tiga pemain Skotlandia, dan satu pemain wanita Wales.

Akan tetapi, tim asuhan Hege Riise hanya mampu menyamai penampilan tahun 2012 saat mereka tersingkir di perempat final menyusul pertandingan gila-gilaan dengan Australia yang berlanjut ke perpanjangan waktu.

BACA LEBIH LANJUT BERITA TERBARU TENTANG SINGA BEBEK, KUTIPAN & PRATINJAU PERTANDINGAN