Mengapa elit Liga Premier menginginkan bintang Bournemouth yang sedang naik daun

by

Milos Kerkez belum pernah terdengar di kalangan penggemar Premier League tahun lalu, namun kini ia diinginkan oleh sejumlah klub raksasa Eropa – dan tidak heran mengapa.

Pemain Hungaria berusia 20 tahun ini terbang ke panggung Inggris pada musim panas 2023, menandatangani kontrak dengan AFC Bournemouth setelah tampil mengesankan di klub Eredivisie AZ Alkmaar. Ia datang dengan segudang pengalaman setelah sebelumnya memikat penggemar dengan bermain di Serbia, Austria, Hungaria, Italia, dan Belanda.

Tapi apa yang membuat Kerkez begitu istimewa, dan mengapa klub-klub besar seperti Arsenal dan Manchester United ingin mengeluarkan uang untuk bek kiri ini?

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang permata tersembunyi Bournemouth.

Milos Kerkez

Kerkez berkembang melalui sistem pemuda Milan / Nicolò Campo/GettyImages

Kerkez lahir di Vrbas, Serbia dan memulai karier bermainnya di akademi lokal OFK Vrbas. Dari sana, ia pindah ke klub Austria Rapid Wien, sekitar 500 km dari kota kelahirannya.

Berkemas dan berpindah menjadi bagian rutin dari kehidupan Kerkez, dan tidak butuh waktu lama sebelum dia pindah ke negara ketiganya, Hongaria, untuk bermain untuk Gyor. Pada tahun 2021, ia melakukan kepindahan besar ke AC Milan setelah dibujuk secara pribadi oleh legenda klub Paolo Maldini untuk bergabung dengan klub Italia tersebut.

Dia tidak dapat keluar dari tim muda, dan meninggalkan klub untuk mencari sepak bola senior. Di sini, ia menemukan klub Belanda AZ – menjadikan dirinya sebagai salah satu prospek muda paling menarik di dunia sepak bola.

Bournemouth mengetahui kesuksesannya dan ingin ikut serta – tetapi harus mengalahkan pesaingnya Benfica dan Lazio untuk mengamankan pemain mereka musim panas lalu.

Diogo Dalot, Milos Kerkez

Kerkez berguna dalam serangan dan pertahanan / Stu Forster/GettyImages

Ada begitu banyak hal yang disukai dari permainan Kerkez, menawarkan kekuatan dalam menyerang dan bertahan sekaligus memberikan ancaman yang kuat dalam situasi menekan.

Dia digunakan sebagai bek kiri untuk Bournemouth, namun sering ditemukan bermain di posisi depan sebagai pemain sayap, karena kesadaran taktis dan dominasi bolanya. Kerkez berkembang pesat dalam situasi satu lawan satu, menghadapi lawan di ruang terbuka dan sempit untuk memenangkan kembali penguasaan bola.

Pemain Hongaria ini serba bisa, tidak dapat diprediksi, dan sangat percaya diri – tim lain mungkin kesulitan untuk menghentikannya.

Kerkez adalah perwujudan dari bek sayap modern klasik, unggul dalam tugas bertahan tetapi juga menambahkan banyak bakat dalam permainan menyerang – baik secara mendalam maupun lebar. Kecepatannya luar biasa, membantu mengarahkan bola dalam membangun permainan sambil merencanakan gerakan masa depannya beberapa saat sebelum hal itu terjadi.

Stuart Attwell, Milos Kerkez

Kerkez menerima kartu merah saat melawan Wolves / David Rogers/GettyImages

Kelemahan terbesar Kerkez mungkin berasal dari mentalitasnya, bukan cacat fisiknya. Bintang Bournemouth ini dikenal suka bertindak berdasarkan emosinya, bahkan mencap dirinya ‘gila’ saat pertama kali pindah ke Liga Inggris.

Ada garis tipis antara kepercayaan diri dan kesombongan, dan Kerkez sering kali menari di antara keduanya. Rasa lapar selalu mendorongnya untuk mencapai lebih banyak, mengucapkan selamat tinggal kepada klub saat ia merasa kurang dihargai.

Saat masih muda, dia dikenal karena tekel agresifnya – sesuatu yang kita lihat musim lalu saat melawan Wolverhampton Wanderers. Kerkez langsung mendapat kartu merah setelah melakukan tantangan berat terhadap Matt Doherty, absen di tiga game berikutnya sebelum kembali untuk pertandingan terakhir The Cherries musim ini.

Jika Kerkez dapat mengendalikan emosinya, dan tidak bertindak berdasarkan dorongan hati, dia akan menjadi kekuatan yang tak terhentikan.

Erik sepuluh Hag

Bisakah Kerkez pindah ke Old Trafford / Mike Hewitt/GettyImages

Manchester United, Arsenal, Chelsea, Tottenham Hotspur dan Aston Villa punya semuanya dikaitkan dengan bintang Bournemouth itu – namun pergerakan di masa depan masih terlihat tidak pasti.

Dari klub-klub tersebut, Serikat telah lama dikaitkan dengan bek kiri baru menjelang musim 2024/25 menyusul musim di mana Luke Shaw dan Tyrell Malacia memainkan 15 pertandingan gabungan.

Gudang senjata juga tampak tertarik dan mungkin ingin menjual Oleksandr Zinchenko untuk memberi ruang bagi bek kiri baru dalam upaya mereka memenangkan gelar Liga Premier pertama sejak 2004.

Jendela transfer musim panas kini telah dibuka, dan klub masa depan Kerkez mungkin akan segera ditentukan.

BACA BERITA TRANSFER & GOSIP TERBARU DARI SELURUH DUNIA