Menengok Performa 4 Kiper Asing yang Berkarier di BRI Liga 1 2023-2024 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Penambahan kuota pemain asing pada BRI Liga 1 2023/2024 menyebabkan beberapa klub memutuskan untuk merekrut kiper ekspatriat. Terdapat empat tim yang menggunakan jasa penjaga gawang berpaspor luar negeri, yaitu Bali United, Arema FC, Dewa United, dan PSS Sleman.

Bali United mendatangkan Adilson Maringa sebelum dimulainya musim BRI Liga 1 ini. Kiper asal Brasil tersebut bergabung dengan Serdadu Tridatu setelah bermain untuk Arema FC sebelumnya.

Sebagai pengganti Adilson Maringa, Arema FC merekrut penjaga gawang dari Filipina, Julian Schwarzer. Julian direkrut oleh Singo Edan pada 20 Juli 2023 dari klub Malaysia, Kuching City.

Sama halnya dengan Arema FC, PSS Sleman juga memilih untuk menggunakan kiper berpaspor Filipina, yaitu Anthony Pinthus. Sementara itu, Dewa United mengontrak penjaga gawang dari Belanda, Sonny Stevens.

Bagaimana performa keempat pemain tersebut hingga pekan kelima BRI Liga 1 2023/2024? Berikut ulasannya.

Sonny Stevens – Dewa United

Sonny Stevens didatangkan dekat dengan pembukaan BRI Liga 1 2023/2024, dan ia baru mendapatkan kesempatan untuk menjalani debut bersama Dewa United pada pekan kedua dalam pertandingan melawan PSM Makassar. Setelah debutnya, ia selalu menjadi pilihan utama pelatih Jan Olde Riekerink.

Kiper berusia 31 tahun tersebut terus menjadi starter dalam pertandingan melawan Persib Bandung, Persik Kediri, dan Bali United. Sampai saat ini, ia sudah bermain selama 360 menit.

Dalam empat pertandingan yang telah dimainkannya, Sonny Stevens baru mengalami enam kali kebobolan dan berhasil mencatatkan clean sheet dalam pertandingan melawan Persik Kediri.

Selain itu, ia juga berhasil melakukan 21 penyelamatan yang sukses membantu timnya dalam meraih hasil positif.